Kontribusi Soft Skill dan Hard Skill dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah

Ratna Kasni Yuniendel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi soft skill dan hard skill dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam. Permasalahannya adalah bahwa aspek soft skill dan hard skill yang semestinya mendapat porsi yang seimbang dimiliki oleh setiap guru PAI, justru yang lebih mendapat prioritas sekarang ini adalah pembinaan aspek hard skill. Padahal kontribusi soft skill lebih besar terhadap keberhasilan dan kesuksesan guru PAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soft skill berkontribusi membantu guru PAI membangun interaksi dan komunikasi yang efektif baik secara interpersonal maupun intrapersonal. Sementara hard skill berkontribusi menjadikan guru PAI terampil secara teknis dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Mengingat urgensi soft skill yang lebih besar dan menyikapi upaya pembinaan kompetensi guru PAI yang kurang proporsional selama ini antara soft skill dan hard skill, maka perlu kiranya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan untuk dapat memfasilitasi pelatihan yang berorientasi kepada pembinaan soft skill guru PAI.


References


Departemen Agama RI. 1995. Al-Quran dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 1993. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iqbal, Muhammad, “Pengembangan Softskill”, http://muhamadqbl. blogspot. com/2009 /04/pengembangan-softskill.html, diakses tanggal 10 Agustus 2013

Kementerian Agama RI. 2011. Modul Pengembangan Soft Skill Guru PAI. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Nurdin, Syafruddin. 2005. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru

Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rao, M.S. 2010. Soft Skill Enhancing Employability: Connecting Campus With Corporate. New Delhi India: International Publishing House.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam menyelenggarakan Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Ruky, Achmad S. 2002. Sukses Sebagai Manajer Profesional Tanpa Gelar MM atau MBA. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Sa’ud, Udin Syaefuddin. 2010. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan; dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thalib, Syamsul Bachri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Kencana.

Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Utomo, Cahyo Budi. 2010. “Implementasi TQM Berorientasi Hard Skill dan Sof Skill dalam Pembelajaran Sejarah SMA di Kota Semarang”, dalam Jurnal Paramita Vol. 20 No. 1-Januari 2010


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i1.286

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.