Analisis Kebutuhan Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam Tahun 2017-2021

Ilpi Zukdi

Abstract


Dosen sebagai tenaga pendidik tenaga kependidikan diperguruan tinggi mempunyai peran yang sangat besar dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Terkait dengan hal ini, pemerintah pusat melalui kementerian riset, teknologi, dan perguruan tinggi telah berupaya untuk mewujudkan tenaga pengajar (dosen) yang bekerja secara professional sehingga dapat menyelenggarakan pendidikan yang efektif dan efesien. Dalam kenyataannya terjadi banyak persoalan, tidak hanya profesionalisme melainkan juga pemenuhan kebutuhan dosen secara kuantitas perlu dilakukan kajian dan analisis, sehingga diperoleh kebutuhan dosen yang ideal berdasarkan analisis yang dilakukan. Hal ini tentunya menjadi dasar dalam merencanakan kebutuhan dosen yang akan datang.

References


Dakir. 1989. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka cipta.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartani. 2002. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: LaksBan Pressindo.

Imron, Ali. 2002. Kebijakan Pendidikan Indonesia, Proses, Produk dan Masa Depannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Manurung, Adler Haymans. 1990. Teknik Peramalan Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Rineka cipta.

Serdamayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju.

Sukmadinata , Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tilaar. 2006. Revitalisasi Fakultas Ilmu Pendidikan, Sertifikasi Profesi Guru, Reorganisasi Program Studi: “Suatu Wacana Konseptual”. Jurnal Tenaga Kependidikan, VOL. 1 No. 2, Agustus 2006.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i1.300

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.