Penggunaan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok

Sasmi Nelwati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan: Perencanaan, Penggunaan metode, Hasil belajar penggunaan metode diskusi tipe “Buzz Group” dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang penulis lakukan dalam penulisan skripsi ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan peserta didik di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan tentang Penggunaan Metode Diskusi Tipe “Buzz Group” dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru sebelum pembelajaran yakni guru harus membuat sebuah RPP yang terdiri dari beberapa komponen. Perencanaan yang digunakan oleh guru sudah sesuai dengan teori yang ada. Penggunaan metode diskusi tipe Buzz Group ini sudah berjalan dengan baik namun masih ada langkah-langkah yang digunakan oleh guru PAI belum sesuai dengan temuan teori. Masih banyaknya kesulitan yang dijumpai guru saat metode diskusi ini digunakan. Kemampuan peserta didik ketika metode diskusi ini digunakan baik sekali, peserta didik lebih bersemangat untuk bertanya. Sehingga terlihat jelas dari hasil belajar peserta didik secara kognitif, afektif, dan segi psikomotor bisa dikatakan baik.

References


Ahmadi Abu, Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001.

Aminah, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas IX-A Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil (Buzz Group Discussion) Di SMP Negeri 10 Mataram, Ganeç Swara Vol. 11 No.1 Maret 2017.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

_________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Dimyati, Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006)

Hasibuan, J. J, Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Istarani, Kumpulan 40 Metode Pembelajaran, Medan: Media Persada, 2012.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya, 1995

Margono S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineke Cipta, 1997.

Mustika, Anang Ria, “Perbedaan Hasil Belajar Mata Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Antara Metode Ceramah Dengan Metode Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Peserta Didik Kelas X MAN Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan‘’, Skripsi Sarjana Pendidikan, Padang, 2017.

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005.

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Histories, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Press, 2002

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

_________, Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013.

Subagyo, P. Joko, Metodologi Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Usman, Husaini, Akbar Purnomo Setuadi, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.