Pencapaian Aspek Afektif Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota

Zulvia Trinova, Wahyuli Lius Zen, Alfurqan Alfurqan

Abstract


Pada diri peserta didik telah tertanam suatu sikap atau tingkah laku maka guru atau pendidik dan wali muridlah yang harus menuntun dan mengarahkan mereka untuk berakhlak mulia. Madrasah sebagai salah satu lambang pendidikan Islam dan menjadi loncatan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan mempunyai peranan yang penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Secara operasional aspek afektif dapat dirumuskan bahwa suatu kegiatan atau cara untuk mencapai tingkah laku yang baik. Jenis penelitian ini yang penulis lakukan adalah bersifat field research dengan metode deskriptif yang menggambarkan tentang pencapaian aspek afektif pembelajaran akidah akhlak di MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota sesuai dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan tentang beberapa hal yaitu aspek afektif yang harus dicapai dalam pembelajaran akidah akhlak, pengawasan guru terhadap siswa di lapangan atau di luar jam sekolah, dan kendala pencapaian aspek afektif dalam pembelajaran akidah akhlak.

References


Ali, Muhammad, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

AR, Zahruddin dan Hasanudin Sinaga, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1993

Jamarah, Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Ya’kub, Hamzah, Akidah Akhlak, Semarang: PT. Toha Putra, 2004


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i2.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.