Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi

Syfruddin Nurdin

Abstract


Pengembangan kurikulum Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi melalui dua tataran, yaitu makro dan mikro. Pada tataran makro pengembannya mengikuti tahapan, sebagai berikut:1). Merumuskan profillulusan, 2) Menetapkan capaian pembelajaran (Learning Outcomes), 3) Memilih bahan kajian, dan 4). Menetapkan Mata Kuliah. Sedangkan pada tataran mikro (untuk implementasi di kelas),pengembangannya melalui Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang memuat beberapa komponen, sebagai berikut: a).Identitas RPS, b). Capaian Pembelajaran, c).Indikator, d). Metode Pembelajaran, e).Waktu, f).Pengalaman belajar, g).Kriteria dan bobot penilaian, dan h).Daftar referensi.

References


Kemenristekdikti.(2015). PERMENRITEKDIKTI No. 44 tahun

, tentang SNPT.

Miller, John P. & Seller Wayne. (1985). Curriculum: Perspective & Practice. New York: Longman.

Nurdin, Syafruddin. (2016). Kurikulum & Pembelajaran.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. (Makalah Dalam Lokakarya Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi IAIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Tyler, Ralph W. (1949). Basic Principle of Curriculum and Instruction. Chicago: Chicago Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i2.305

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.