Analisis Tes Standar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab Semester Genap Tahun ajaran 2016/2017

Marhamah Marhamah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda tes soal standar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif, peneliti hanya melakukan analisis data dengan perhitungan secara statistik, kemudian menginterpretasikan dan mendeskripsikan hasil perhitungan analisis data dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar jawaban siswa berjumlah 80 lembar, 2 rangkap soal ujian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017 paket A dan paket B beserta kunci jawaban, dengan jumlah soal 50 butir. Dalam penelitian ini data diolah secara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007. Teknik analisis data untuk validitas soal menggunakan rumus korelasi point biserial, reliabilitas soal menggunakan rumus Formula Kuder Richardson (KR20), tingkat kesukaran dan daya beda soal menggunakan perhitungan secara statistik. Dari hasil analisis data penelitian maka diketahui bahwa sebanyak 56% atau 28 butir soal tidak valid dan 44% atau 22 soal dinyatakan valid, dengan reliabilitas soal termasuk kategori belum memiliki reliabilitas yang tinggi (unreliable) karena memiliki koefesien 0,40. Tingkat kesukaran soal menunjukkan 60% soal termasuk kategori tingkat kesukaran mudah/rendah dan 40% soal termasuk tingkat kesukaran sedang/cukup. Daya beda soal menunjukkan 10% butir soal kategori sangat jelek, 46% butir soal kategori jelek, 42% butir soal kategori sedang dan 2% butir soal kategori baik.

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi aksara.

Purwanto. 2009. Evalusai Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudijono, 2009. Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i2.317

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.