Pendekatan Rasional Dalam Pembelajaran Alquran Hadis
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini untuk mengambarkan perencanaan pendekatan rasional dalam pembelajaran Alquran Hadis, pelaksanaan pendekatan rasional dalam pembelajaran Alquran Hadis, dan hasil pelaksanaan pendekatan rasional dalam pembelajaran Alquran Hadis kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi yang diajukan kepada peserta didik dan pendidik, dokumentasi yang diajukan kepada peserta didik dan pendidik, serta wawancara yang diajukan kepada pendidik yang mengajar bidang studi Alquran Hadis dan para peserta didik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah banyak mengalami perkembangan salah satunya dalam hal pola berfikirnya disana terlihat peserta didik tidak hanya menerima materi pelajaran akan tetapi peserta sudah berani dalam memberikan tanggapan jawaban maupun pertanyaan terhadap materi yang telah diajarkan. sehingga pembelajaran tidak terlihat monoton terhadap pendidik saja tetapi juga direspon oleh peserta didik salah satunya dalam mengeluarkan pendapat didalam kelas. Jadi didalam pembelajaran Alquran Hadis pendekatan rasional sangat efektif dilaksanakan dengan cara diselingi dari beberapa metode yang dapat mendukung proses pembelajaran didalam kelas.
References
Djamarah,Dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta
Faesal Jusuf Amir. 1995. Orientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press
Nata Abuddin.2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Prenanda Media Group
Ramayulis. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Sumadi Suryabrata. 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali
DOI: 10.15548/mrb.v1i2.319
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.