Hubungan Kompetensi Guru PAI Dengan Hasil Belajar Siswa di SMP 5 Kota Bengkulu

Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kompetensi guru PAI dengan hasil belajar siswa, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik analisis hipotesis asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam ketegori sedang yaitu sebanyak 17 orang (51,51%). Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu dalam kategori sedang yaitu sebanyak 28 orang (84,85%). Kompetensi profesional guru secara signifikan memiliki hubungan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa. Hal ini dibuktikan dengan analisis korelasi pada taraf signifikan r hitung yaitu (0,961) lebih besar dari r tabel yaitu (0,344) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang diterima ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu.

References


Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik edisi revisi, Jakarta : Rineka cipta.

Darajat, Zakiah. 2009, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Iskandar, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif) , Jakarta : Gaung Persada Press

Majid. Abdul dan Dian Andayadi. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Purwanto, Ngalim, 2007, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2011, Statiska Untuk Penelitian, Bandung : CV Alfabeta

,2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R &B Praktisnya, Bandung : CV Alfabeta

Syah, Muhibbin, 2008, Psikologi Pendidikan, Bandung, : PT Remaja Rosdakarya

Uno, Hamzah, B. Profesi Kependidikan. 2008. Jakarta : PT Bumi Aksara

Usman. Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2013, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia (Dilengkapi UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen), Jakarta : GP Press Group

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter; Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta : Kencana prenada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i2.322

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.