Meneladani Rasulullah SAW sebagai Pendidik yang Memudahkan

Ratna Kasni Yuniendel, Sasmi Nelwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam hakikat dan makna pendidikan yang memudahkan seperti dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Pembahasan ini berangkat dari fenomena pendidik yang memiliki kecenderungan menyulitkan peserta didik. Penelitian ini merupakan library research yang merujuk kepada hadis-hadis Rasulullah SAW sebagai sumber data primer kemudian didukung dengan sumber-sumber lain yang relevan sebagai sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan yang memudahkan seperti yang dipraktikkan oleh Rasulullah SAW meliputi setiap usaha sadar Rasulullah SAW yang mencakup berbagai model, pendekatan, metode dan teknik-teknik yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam mendidik yang dengan semua itu peserta didik dapat dengan mudah memahami ilmu-ilmu agama yang ditransfer oleh Rasulullah SAW (kognitif), menghayati nilai-nilai dan norma yang diinternalisasikan oleh Rasulullah (afektif) serta mengamalkan praktik amaliyah yang didemonstrasikan oleh Rasulullah SAW (psikomotor). Tidak mustahil berbagai model, pendekatan, metode dan teknik-teknik yang dihasilkan oleh para ahli pendidikan pada zaman modern ini justru sudah pernah diterapkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini mengisyaratkan bahwa Islam memiliki khazanah ilmu kependidikan yang sangat kaya dan luas. Sebab itulah kedatangan Rasulullah SAW dan agama yang dibawanya disebut dengan rahmatan lil ‘alamin.

Keywords


Rasulullah; pendidik yang memudahkan.

References


Al-Tirmidzi, Muhammad bin Isa al-Tsaurah bin Musa bin al-Dhahhak al-Bughni, Sunan al-Tirmidzi. Maktabah Dahlan, Indonesia.

Al-Hufi, Ahmad Muhammad. 2000. Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW, diterjemahkan dari judul asli: Min Akhlaq al-Nabi, Bandung: Pustaka Setia.

Al-Nadwi, Abu Hasan Ali al-Hasani. 2007. Sirah Nabawiyyah: Sejarah Lengkap Nabi Muhammad SAW, Yogyakarta: Mardhiyah Press.

Faaizun, Aprin Nuur. 2014. “Model Pembelajaran Rasulullah SAW dalam Perspektif Psikologi”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XI, No. 1, Juni 2014.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi-nya, Bandung: Alfabeta.

Ibn Hanbal, Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad. 1998. Musnad Ahmad bin Hanbal, Beirut: Alam al-Kutub.

Muslim bin al-Hajjaj Abu al-Husain al-Qusyairi al-Naisaburi. 1995. Shahih Muslim, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Tresnajaya, Tatan Jaka. 2014. Metode Pendidikan, Pembelajaran dan Pela-tihan Nabi Muhammad. https://bppk. kemenkeu.go.id/id/publikasi/artikel/168-artikel-pengembangan-sdm/ 20334-metode-pendidian,-pembelajaran,-dan-pelatihan-nabi-muhammad

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i1.324

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.