Soft Skills Guru Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Kota Pekanbaru ( Studi Kasus Di SMPN 4 Pekanbaru)

Yuliharti Yuliharti

Abstract


Saat ini guru umumnya terfokus pada pembinaan dan peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional atau dikenal dengan istilah hard skill dan jarang yang beroreantasi pada peningkatan soft skills. Padahal, hasil riset dan survey menunjukkan bahwa soft skills jauh lebih penting. Perbandingan antara soft skill dan hard skill bisa mencapai 80%:20% dalam pencapaian keberhasilan seorang termasuk guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran soft skills guru Pendidikan Agama Islam dengan kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru dan upaya pengembangannya. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara, serta teknik analisa datanya menggunakan Miles dan Hubermen teknik, maka penelitian ini menemukan bahwa soft skills guru PAI di SMPN 4 Pekanbaru termasuk kategori baik dan mereka telah berupaya untuk mengembangkan soft skills-nya dengan cara meningkatkan intrapersonal dan interpersonal skillnya.

References


Aly, Abdullah. 2017. Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills di Perguruan Tinggi, Jurnal Ishraqi, Vol.1, No.1, Januari 2017, Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Badudu. J. J. dan sultan Muhammad Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Agama RI, 2011, Modul Pengembangan Soft Skill Guru PAI. Jakarta,Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI.

Kunandar, 2010, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Press.

Muhaimin, 2006, Nuasa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan , (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Muqowim, 2012, Pengembangan Soft Skill Guru,Yogyakarta:Pustaka Insan Madani.

Nata, Abuddin. 2001, Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru dan Murid: Studi Pemikiran Tasawuf Al- Ghazali,Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada,

Nata, Abuddin,2005, Pendidikan Dalam Perspektif Hadis, Jakarta: UIN Jakarta Press.

Nata, Abuddin,2010, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Neff, T. J., & Citrin, J. M. (1999). Lesson from the Top..

Sailah. Illah, dkk, 2008, Pengembangan Soft Skill dalam Proses Pembelajaran di Perguruan tinggi , Jakarta: direktorat Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Syah, M.Noor Sulaiman. 2017 Strategi

Peningkatan Mutu Calon Guru PAI

Melalui Pengembangan Soft Skill di Perguruan Tinggi Agama Islam, Jurnal Elementary, Vol.5, No.1, edisi Januari-Juni 2017, STAIN Kudus, Jawa Tengah.

Sutrisno, 2012, Pendidikan Islam Berbasis

Problem Sosial, Yogyakarta:Ar-Ruzz

Media.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem

Nasional Pendidikan


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.