Konsep Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam

Salmiwati Salmiwati

Abstract


Belajar merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku manusa menuju arah yang lebih baik sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan ataupun pengalaman dan latihan. Perubahan yang berdasarkan pengalaman berkenaan dengan segala bentuk pengalaman atau hal-hal yang pernah dialami. Kemampuan belajar yang dimiliki manusia merupakan bekal yang asasi dalam kehidupannya. Dengan kemanpuan belajar inilah umat manusia telah berkembang selama berabad-abad lamanya dan tetap terbuka kesempatan baginya untuk mencapai taraf kebudayaan yang lebih tinggi lagi. Perkembangan ini dimungkinkan karena adanya kemampuan untuk belajar yaitu dengan mengalami perubahan-perubahan mulai sejak manusia dilahirkan sampai mencapai usia tua.

References


Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Najati, Usman. 1997. Al-Quran wa ‘Ilmu al-Nafs, terj., Bandung:Pustaka.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran, sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta:Kencana.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi dalam Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, Moh. 1997. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung PPB - IKIP Bandung.

Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Tobroni, 2013. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam” dalam website http://tobroni.staff.umm.ac.id/

Wahidah, Efita Yuliatul. 2016. Revolusi Karakter Berbasis Emosional Quetiont prespektif Psikologi Pendidikan Islam. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2“Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatifdi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran, Jakarta: PT Grasindo.

Berkson, William & John Wettersten. 2003. Psikologi Belajar dan Filsafat Ilmu Karl Popper. Terjemahan oleh Ali Noer Zaman. Yogyakarta: Qalam


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i1.327

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.