Konsep Muttaqīn dalam al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam (Studi Analitis Terhadap Konsep al-Muttaqīn dalam Al-Qur’an )

Teni Asmarani, Aam Abdussalam, Cucu Surahman

Abstract


Para tokoh pendidikan Islam menjelaskan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah membentuk karakter yang bertakwa (Muttaqīn). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep Muttaqīn dalam Al-Qur’an dan mencari implikasinya dalam perumusan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengoperasikan metode tafsir mauḍū`ī. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna muttaqīn adalah orang yang merasakan bahwa dirinya senantiasa berada dalam pengawasan Allah, sehingga ia takut untuk berbuat maksiat, memiliki benteng atau ketahanan diri dari hal-hal yang dilarang oleh Allah. Dengan itu, seorang muttaqīn akan senantiasa melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Implikasi konsep Muttaqīn terhadap tujuan pendidikan Islam adalah bahwa tujuan pendidikan Islam harus diarahkan untuk menciptakan keserasian hubungan antara dirinya dengan Allah, sesama manusia, diriya sendiri dan lingkungan, dengan memiliki sifat-sifat yang disebutkan di atas.

References


Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Arifin. H.M. (2011). Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.

Daradjat, Z., & dkk. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Idi, A., Suharto, T. (2006). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Izzan, A. (2011). Metodologi Ilmu Tafsir. Bandung: Tafakur.

Najati, M. U. (2010). Psikologi Qurani dari Jiwa Hingga Ilmu Laduni. (H. Fajar, & Abdullah, Penerj.) Bandung: Marja.

Qodar, Nafiysul. 15 Maret 2015. Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Liputan 6. Online. (http://liputan6.com)

Quthb, S. a. (2008). Tafsir Fi zhilalil Quran di bawah naungan Al-Quran (Vol. 1). (A. Yasin, & dkk, Penerj.) Jakarta: Gema Insani.

Shaleh, M. A. (2008). Takwa (Makna dan Hikmahnya dalam Al-Quran). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surahman. (2019). Tafsir Tarbawi di Indonesia: Hakikat, Validitas, dan Kontribusinya bagi Ilmu Pendidikan Islam. Pati: Magza.

Suryana, T. (2006). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Tiga Mutiara.

Syahidin, & dkk. (2014). Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Ciputat: Yayasan Masyarakat Indonesia Baru.

Syakir, S. A. (2015). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 1). (A. Ma'mun, & dkk, Penerj.) Jakarta: Darus Sunnah.

Yusuf, K. M. (2012). Studi Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Zakaria, A. (2014). Manusia dan Problematika Hidupnya. Garut: IBN Azka press.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i1.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.