Pendidikan Berlalu Lintas dalam Al-Qur’an (Penelitian Tafsir Tarbawi Terhadap Surat Al-Naml [27] Ayat 17-19)

Zulheldi Zulheldi

Abstract


Seluruh konstruksi ajaran al-Qur’an dan hadis memberikan bimbingan yang praktis dan aplikatif kepada setiap umat Islam agar mereka selamat, sukses serta bahagia dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat. Sayangnya, beberapa detil ajaran Islam terkait masalah tertentu belum tergali secara maksimal sehingga terkesan bahwa Islam tidak memperhatikan persoalan tersebut. Terkait berlalu lintas, misalnya, sebenarnya cukup banyak ayat-ayat al-Qur’an dan hadis yang dapat dikonstruksi untuk memandu menghadapi permasalahan ini. Satu penggalan di antaranya adalah ayat 17-19 dari surah al-Naml [27]. Dengan menggunakan metode kisah, ayat-ayat ini mengajarkan prinsip-prinsip prilaku terpuji dalam kegiatan berlalu lintas. Melalui kajian atau penelitian dengan menggunakan metode tafsir tarbawi terhadap QS. 27: 17-19, didapatkan adanya prinsip utama berlalu lintas. Pertama, berjalan dengan tertib dan teratur atau patuh terhadap semua peraturan berlalu lintas. Kedua, menghargai sesama pengguna jalan. Ketiga, senantiasa bersyukur secara maksimal terhadap nikmat Allah dalam berlalu lintas.

References


Arief, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Pers.

Metode Kisah Sebagai Metode Pendidikan Islam, www.wartamadrasahku.com

Metode Penelitian Teks, Mualimin, wajburni.wordpress.com

Munawwir, Ahmad Warson, 1997. al-Munawwir Kamus Arab Indonesia, Surabaya: Pustaka Prograsif, cet. XIV.

Rahardjo, Mudjia, 2010, Mengenal Ragam Studi Teks: Dari Content Analysis hingga Posmodernisme, www.uin-malang.ac.id

Shihab, Muhammad Quraish, 2004, Tafsir Al-Mishbâh Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 10, Jakarta: Lentera Hati, cet. ke-2

Zulheldi, 2019, Metode Tafsir Tarbawi Referensi Penelitian Tafsir Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i1.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.