Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang

Ipastion Ipastion, Khadijah Khadijah

Abstract


Metode tartil dapat diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri serta mampu membaca, menulis dan melagukan secara muratal tingkatan-tingkatan irama tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode tartil dalam pembelajaran PAQ siswa kelas XII di SMK N I Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes lisan kelas eksperimen 82 dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 80,8261. Sedangkan perolehan rata-rata tes lisan kelas eksperimen 77,73913, dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa tes lisan kelas eksperimen adalah 4,348%, sedangkan pada kelas kontrol 8,696 %. Dalam hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 77,73913 dan rata-rata kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa post tes kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan pada kelas kontrol 52%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,021.< 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Metode Tartil dengan Metode Bagdhadiah pada mata pelajaran PAQ kelas XII di SMK N I Gunung Talang.

References


As’ad, Humam, 1995, Pedoman pengetahuan membaca, mengajarkan dan memahami al- Quran. Yogyakarta: LPTQ Nasional.

Gazali, 2011, Metode Tartil: Belajar Membaca dan Menulis Al-Quran, Padang: CV Najwa.

, Kata Sambutan Pada Pengantar Buku Metode Tartil, Padang: CV Najwa.

Haroen, Nasrun. 1999, Ushul Fiqh I, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Mana’ul Quthan, 1993, Pembahasan Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yunus, Mahmud 1978, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: PT Hidakarya.

Muslim, 2008, Keberkesanan Metode al-Barqy dalam pengajaran al-Quran, Jurnal Pendidikan al-Quran.

Rosniati Hakim, 2011, Metode Pembelajaran Al-Quran, Padang : Hayfa Press.

Sudjana, Anas 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono, 2010 , Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2008, Oriantasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran,

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wina Sanjaya, 2008, Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i1.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.