Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI

Ernanida Ernanida, Rizki Al Yusra

Abstract


Proses pembelajaran adalah proses komunikasi antara guru dan siswa melalui bahasa verbal sebagai media utama penyampaian materi pembelajaran. Dalam kondisi semacam ini, proses pembelajaran sangat tergantung kepada guru sebagai sumber belajar. Namun, tidak semua bahan pelajaran dapat disajikan oleh guru secara langsung. Untuk mempelajari bagaimana kehidupan makhluk hidup di dasar laut, tidak mungkin guru membimbing siswa langsung menyelam ke dasar lautan, atau membelah dada manusia hanya untuk mempelajari cara kerja organ tubuh manusia. Akan tetapi guru dapat menggunakan berbagai macam alat bantu dalam menyampaikan materi pembelajaran. Alat bantu belajar inilah yang dimaksud dengan media atau alat peraga pembelajaran. Dalam pembelajaran PAI, agar bahan pelajaran yang diberikan lebih mudah dipahami oleh siswa, diperlukan media yang membantu proses penyampaian tersebut.Melalui media (alat bantu), diharapkan akan terjadi persepsi yang sama antara guru dan siswa. Apalagi Pendidikan Agama Islam yakni pendidikan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, terutama dalam mencapai ketentraman bathin dan kesehatan mental pada umumnya. Media Audio Visual bisa digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI.

References


Arsyad, Azhar. 2010. Media pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers

Asnawir dan Basyirudin Usman. 2002. Media Pembelajaran Jakarta : Ciputat Press

Bloom, Benjamin S. 1956. ‘Taxonomy of Educational Objectives. Vol. 1: Cognitive Domain’, New York: McKay. Daryanto. 2013. Media Pembelajaran, Yogjakarta : Gava Media.

Ermawati. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V SDN Kalianget Timur X. (Online). PEDAGOGIA Vol. 3, No. 2, Agustus 2014. (https://www.researchgate.net, diakses 16 Februari 2019)

Gerlach dan Ely. 1971. Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson

Education

Hidayati, Ani Nur. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Pada Pendidikan Agama Islam. (Online). (https://bdksemarang.kemenag.go.id/implementasi-kurikulum-2013-revisi-2017-pada-pendidikan-agama-islam/,diakses 16 Februari 2019)

Hoff, Timothy J, Henry Pohl, and Joel Bartfield. 2004. ‘Creating a Learning Environment to Produce Competent Residents: The Roles of Culture and Context’, Academic Medicine.

Krathwohl, David R. 2002. ‘A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview’, Theory into Practice.

Kropf, Dorothy C. 2013. ‘Connectivism: 21st Century’s New Learning Theory’, European Journal of Open, Distance and E-Learning.

Miller, George E. 1990. ‘The Assessment of Clinical Skills/competence/ performance.’, Academic Medicine. Munadi, Yuhdi. 2013. Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta : Referensi GP Press Group.

Nofiana, Mufida. 2016. ‘Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Kingdom Plantae’, Pedagogi Hayati, 1 (2016)

Prastya, Agus.2016. Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii. (Online). (http://Repository.Ut.Ac.Id/6518/1/Ting2016st2-03.Pdf, Diakses 16 Februari 2019)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. 2002. Jakarta : Kalam Mulia.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Wina, Demi Roma, dkk. 2017. Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang. Journal of Innovative Science Education. (Online), Vol 6 (1), 2017. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise, diakses 16 Februari 2019)


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i1.333

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.