Pengaruh Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Karakter terhadap Sikap Pluralis dan Demokrasi Siswa

Noni Witisma

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan multikultural, pendidikan karakter terhadap sikap pluralis, dan demokrasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian dalam disertasi ini adalah  kuantitatif. Populasi penelitian adalah  siswa SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan sampel secara stratified random sampling. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane atau Slovin sehingga diperoleh sampel penelitian berjumlah 250 siswa. Data dianalisis dengan analisis jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian ini adalah  (1) pendidikan multikultural berpengaruh positif  terhadap sikap pluralis siswa, (2) pendidikan karakter berpengaruh positif terhadap  sikap pluralis siswa, (3) pendidikan multikultural berpengaruh positif terhadap demokrasi siswa, (4) pendidikan karakter berpengaruh positif terhadap demokrasi siswa, (5) sikap pluralis berpengaruh positif terhadap demokrasi siswa, (6) pendidikan multikultural dan pendidikan karakter bersama-sama berpengaruh terhadap sikap pluralis dan demokrasi siswa. Oleh karena itu, untuk membentuk siswa memiliki karakter baik, berakhlak mulia, memiliki sikap pluralis dan demokrasi siswa diperlukan model pembelajaran berbasis pendidikan multikultural dan pendidikan karakter.

Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Pendidikan Karakter, Sikap Pluralis, Demokrasi Siswa


Keywords


Pendidikan Multikultural, Pendidikan Karakter, Sikap Pluralis, Demokrasi Siswa

References


Abdullah, I. (2003). Politik bhinneka tunggal ika dalam keragaman budaya indonesia. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 5(2), 1–13.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113.

Aziz, A. (2017). Desain Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Islam. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(1).

Fauzi, N., Rusdin, R., & Akmal, A. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 73–79.

Hanum, F., & Raharja, S. (2011). Pengembangan model pembelajaran pendidikan multikultural menggunakan modul sebagai suplemen pelajaran IPS di Sekolah

Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(2), 113–129.

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan multikultural: Pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Addin, 7(1).

Karim, N. (2010). Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), 69–89.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.

Majid, A., Wardan, A. S., & Andayani, D. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5677–5692.

Puspita, Y. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 5(05).

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Suharsono, S. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 13–23.

pendidikan di Indonesia. Elementary, 3(1), 1–13.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v6i1.3431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.