Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Program Baca Tulis Al-Qur'an Siswa

Novia Yanti, Zulham Ikhsan

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan-permasalahan dalam program membaca dan menulis al-Qur'an. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dengan subjek penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan guru Pendidikan Agama Islam dalam program baca tulis al-Qur'an adalah pertama; kurangnya minat dari siswa itu sendiri, kedua; suasana kelas yang tidak kondusif, ketiga; tidak adanya rasa percaya diri siswa, dan keempat; pola asuh orang tua.

Keywords


Problematika; Guru PAI; Baca Tulis Al-Qur'an

References


Abdul Hadis & Nurhayati. (2014). Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Aliwar. 2016. Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis al-Qur'an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA), Jurnal al-Ta'dib

Al-Qur'an dan Terjemahannya, Kementerian Agama RI

As’ad Human. (1999). Pedoman Pengelolaan Pembina TKA-TPA Nasional, Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Baca Tulis Al-Quran

Daulay, M. R. (2014). Studi Pendekatan Al-Qur'an. Jurnal Thariqah Ibniah 01

Hasbi Wahyu. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah

Muhammad Aman Ma'mun. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an, Jurnal Pendidikan Islam

M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Novinda. (2017) Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia

Priyadi, Unggul, dkk. (2013). Membangun Kepercayaan Diri Anak Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Mempersiapkan Generasi Berkarakter. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan

Rahmanelli. (2006). Kerangka Penelitia Kualitatif. UNP

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suhendri. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematika-Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v6i1.3441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.