UPAYA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MI AL-FITRAH OESAPA KOTA KUPANG

Baktiar Leu

Abstract


Abstrak: Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari program sekolah secara keseluruhan, yang bersama-sama dengan komponen pendidikan lainya turut membentuk keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran. perpustakaan merupakan sebuah lembaga penyedia jasa informasi bagi semua kalangan masyarakat khususnya instansi sekolah dimana informasi sebagai kebutuhan yang fundamen. Cara perolehan informasi tersebut akan terpenuhi apabila perpustakaan dapat berfungsi dengan baik dan dikelola oleh tenaga yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam pemberdayaan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan, guru wali kelas V, dan siswa-siswi kelas V. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif, pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini reduksi data, Penyajian Data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah adalah mendatangkan buku-buku mata pelajaran, buku K13, buku bacaan lainnya setiap semesternya, dan dorongan penuh dari wali kelas untuk rajin mengunjungi keperpustakaan. Jika siswa tidak rajin membaca di perpustakaan maka wali kelas akan memberikan sangsi administratif.


Keywords


Pemberdayaan, perpustakaan, Minat baca

References


Ahmad Beni, 2009. Bandung metode penelitian kualitatif:pustaka setia

Arikunto Suharsimi, 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Basuki Sulistyo, 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : PT. GramediaPustaka Utam.

Bungin Burhan, 2015 Metodologi penelitian kualitatif, Rajawali Pres, Jakarta .

Darmono, 2007 perpustakaan sekolah.Jakarta : PT Grasindo.

Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta : PT. Gramedia.

Depdikbud, 1999. Kamus besar bahasa indonesia Jakarta : Balai pustaka

Delima, 2013. Bahan Belajar Palembang : SMA Negri 18.

DPK, 1977 . Kegemaran Membaca Siswa : Jakarta.

Hadi Sutrisno, 1987. Metode Recears Jilid II. Yogyakarta : Yayasan FakultasPsikologis UGM.

Idi Abdullah, 2011. Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat, dan Pendidikan). Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Ngajenan Muhammad , Kamus Etismologi Bahasa Indonesia, (Semarang: Dahara Prize)

Muhibbin Syah, , 2006 Psikologi Belajar, Jakarta Raja Grafindo Persada

Muhajir Noeng, 1989. metode penulisan kualitatif Yogyakarta : Rake Sarasih

Riza Risyanti, 1998. Pemberdayaan Masyarakat. Sumedang : Alqoprint Jatinangor.

Soedarso. 2000. Speed Reading ;Sistem membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sugiono, 2015 Metode penelitian dan pengembangan ,Jakarta : alfabeta.

, 2010 Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta,

. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendra, 2006 Peranan Birokrasi Pemberdayaan Masyarakat Bandung : Alfabeta.

Suharjo Drajad, 2003. Metodologi Penulisan dan Penulisan laporan ilmiah, Yogyakarta: UII Press.

Surochman , 2005. Kompetensi Membaca. Jakarta : Buletin Pusat perbukuan.

Supriyono, 1998. Jakarta kontribusi pustakawan dalam meningkatkan minat baca

T. Daan, 2005 Kompetensi Membaca, Jakarta : Buletin P


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i2.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.