PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM ERA INDUSTRI 4.0: STRATEGI MAHASISWA PAI MENJADI PENDIDIK SEJATI

Muhammad Kosim

Abstract


Artikel ini menjelaskan tentang peluang dan tantangan pendidikan Islam era industri 4.0 serta strategi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi pendidik sejati sebagai modal utama untuk menghadapi tantangan era industri 4.0. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode library research dengan pendekatan content analysis. Artikel ini menemukan bahwa era revolusi industri 4.0 bukan ditakuti, tetapi harus dihadapi dengan sikap optimis. Era industri 4.0 mengandung sejumlah peluang bagi guru untuk eksis berperan sebagai pendidik sejati dengan keteladanan yang menginspirasi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Maka mahasiswa PAI harus memandang era ini sebagai peluang emas untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam yang lebih komprehensif dan universal. Mahasiwa PAI tidak saja berpikir dan berjuang bagaimana kelak dirinya siap menjadi guru melahirkan peserta didik yang taat beribadah, tetapi lebih dari itu, menjadi guru PAI yang mencerdaskan peserta didik, teman sejawat, warga sekolah dan masyarakat agar menerapkan ajaran Islam secara kaffah dengan misi rahmatan lil ‘alamin.

Keywords


era industri 4.0, pendidikan Agama Islam, pendidik sejati, mahasiswa PAI

References


al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Konsep Pendidikan dalam Islam, Bandung: Mizan, 1988, cet. ke-3

Hawwa, Sa’id, Tarbiyatuna ar-Ruhiyah, Penj. Imam Fajaruddin, Surakarta: Era Adicitra Intermedia, 2010

Imaduddin, Muhamad, Membuat Kelas Online Berbasis Android dengan Google Classroom; Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0, Yogyakarta: Garuhawaca, 2018

Ismail SM, et. al. (ed.), Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001

Kosim, Muhammad, Pendidikan Karakter Berbasis Keislaman dan Keindonesiaan, Jurnal al-Taujih, Vol. 6 Nomor 2, Juli - Desember 2017

Kosim, Muhammad, Pendidikan Karakter Islami: Mempertegas Identitas Kader HMI, Handout disampaikan pada LK I HMI Kom. Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang, tanggal 11 April 2018 di Wisma HMI Cabang Padang

Muliawan, Jasa Ungguh, Pendidikan Islam Integratif, Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Nasir, Mohammad, Materi Menteri Kemristekdikti: Kebijakan Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Slide Ppt, 2 Februari 2018

Nata, Abuddin, Pendidikan dalam Perspektif Alquran, Jakarta: Kencana, 2016

Pendidikan 4.0, Apa Itu? (https://eduaksi.com/pendidikan-4-0-apa/)

Priatmoko, Sigit, Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0, Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2 Juli 2018

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010

Sardar, Ziauddin, Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim, Penj. Rahma Astuti, Bandung: Mizan, 1986

Sulaiman, Abdul Hamid Abu, Krisis Pemikiran Islam, Penj. Rifyal Ka'bah, Jakarta: Media Dakwah, 1994

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Wardani, Ratna, 21st Century Educator: Menyongsong Transformasi Pendidikan 4.0, Slide Seminar Nasional Dinamika Informatika Senadi UPY 2018

Yahya, Muhammad, Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia, Naskah Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Professor Tetap dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 14 Maret 2018


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i2.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.