DINAMIKA PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN SALAF DAN MODERN
Abstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam asli Indonesia yang dihasilkan dari alkulturasi budaya, baik itu dari pendidikan Islam arab dan penduduk pribumi, maupun pendidikan Islam ala Pesantren dengan pendidikan umum pada masa penjajahan Belanda. Hasil alkuturasi budanya tersebut menjadikan pesantren secara umum bercorak salaf dan modern, dan salaf ala modern (“Al-Muhafadhotu ‘Ala Qodimis Sholih Wal Akhdzu Bil Jadidil Ashlah”). Dinamika perkembangan pesantren salaf dan modern membawa khasanah baru dengan ciri kehasannya. Pendidik, peserta didik, kurikulum, sarana prasaran, dan pembiayaan mengalami dinamika yang berbeda, walaupun di sisi lain terdapat kesamaan sebagai lembaga pendidikan Islam (pesantren) pada umumnya.
Keywords
References
Anwar, Ali, Pembaruan Pedidikan Di Pesantren Lerboyo Kediri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Arifin, Muzayyin, Kapaeta Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Arifin, Zainal, Perkembangan Pesantren Di Indonesia, Jurnal, Pendidikan Agama Islam, vol. ix, no. 1, Yogyakata: UIN Sunan Kalijaga: 2012.
Azra, Azumardi, Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Menuju Millennium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Bawani, Imam, Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam: Studi Tentang Daya Tahan Pesantren Tradisional, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.
Dartono, Akhmad, Peran Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (Api) Tegalrejo Dalam Pendidikan Masyarakat Dan Pencerdasan Umat Di Kabupaten Magelang Tahun 2007-2012, Yogyakarta: Pps Uin Suka, 2013.
Daulay, Haidar Putra, Sejarah Pertumbuhan Dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2009.
Dhofir, Zmaksyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masadepan Indonesia, Jakarata: LP3ES, 2011
Hasbullah, Kapeta Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo, 1996
In’ami, Moh., Integrasi Sitem Pendidikan Pesantren Dan Madrasah Di Pondok Modern Gontor, Yogyakrata: PPS Uin Suka, 2004.
Junaidi, Mansur Mahfud, Rekontruksi Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005.
Jurnal, Pendidikan Agama Islam, Vol. IX, No. 1, (Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga, 2012.
Karim, M. Abdul, Islam Nusantara, Yogyakarta: Gama Media, 2013.
Nasir, M. Ridlwan, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal; Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Steenbrink, Karel A, Pesantern Madrasah Sekolah Pendidikan Islam Dalam Kurun Modrn, Jakrata: LP3ES. 1986.
Subhan, Arief, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke-20: Pergumulan Antar Modernisasi Dan Identitas, Jakarta: UIN Jakarata Press, 2009
Sugiarto, dkk, Kamus Indonesia Daerah, Jakarta: PT Sun, 2001.
Yulianti, Kadar, Kaderisasi Kepemimpinan Di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Yogyakarta: PPS Uin-Suka, 2015
Zaini, Muhammad Subhan, Manajemen Pendidikan Pesntren Tradisional Dan Implementasinya Terhadap Pembentukan Etos Kerja: Studi Kasus Pada Pondok Pesntren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri Jawa Timur, Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga, 2006.
Ziemek, Manfred, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta: P3M, 1986.
DOI: 10.15548/mrb.v2i2.402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.