EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Marhamah Marhamah, Radhiatul Hasnah, Zainal Efendi

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi PQ4R pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 1. (2). Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan SPL pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 2. (3). Mengetahui  perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik menggunakan strategi PQ4R dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik menggunakan SPL pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 1 dengan kelas X BOGA 2 SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (Randomized Control Group Only Design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 81,33 dengan persentase ketuntasan 77%, dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 72,57dengan persentase ketuntasan 57%. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh thitung > ttabel (>1,67)dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar strategi PQ4R lebih baik dibandingkan dengan SPL pada mata pelajran PAI kelas X BOGA SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman.

 

Kata kunci:


Keywords


Strategi PQ4R; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam

References


Abdul Malik dan Dian Andayani. 2004. PAI Berbasis Kompetensi, Konsep Dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Abdul Rachman Shaleh. 2005. Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama RI. 2013. Al Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT Insan Media Pustaka.

Departemen Agama RI. 2004. Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum. Jakarta: Departemen Agama.

Imam Ibnu Katsir. t.t. Tafsir Ibnu Kasir. Jakarta: Putaka Ibnu Kasir.

Sasmi Nelwati. 2006. Dasar-Dasar Pendidikan. Padang: IAIN IB Press.

Trianto. 2009. Mendasain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i2.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.