REINFORCEMENT DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FIKIH

Zulvia Trinova, Silfia Ikhlas, Wahyuli Lius Zen, M Musalwa

Abstract


Guru dapat menciptakan suasana dan proses belajar agar bisa secara aktif mengembangkan potensi diri peserta didik di MTsN. Guru yang mengajar secara monoton dan tidak variatif dapat menimbulkan kejenuhan dan kebosanan peserta didik yang berakibat pada kemalasan dan perbuatan-perbuatan yang mengganggu proses belajar mengajar. Guru dapat melakukan pemberian penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar dengan mendeskripsikan bentuk-bentuk pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar, motivasi peserta didik dalam pembelajaran, implikasi dari pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar. Bentuk dan jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diajukan kepada guru bidang studi Fikih, kepala Madrasah dan para peserta didik MTsN.

       Bentuk penguatan (reinforcement) yang sering diberikan oleh guru bidang studi Fikih dalam meningkatkan motivasi peserta didik di MTsN yaitu bentuk penguatan verbal berupa pujian, penghargaan dan persetujuan, dan bentuk pemberian penguatan non verbal berupa mimik, gerakan tangan, dengan pendekatan, dan menggunakan sentuhan. Motivasi peserta didik dalam pembelajaran Fikih di MTsN sangat tinggi yang terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung tingginya hasrat keingintahuan peserta didik dalam belajar Fikih, peserta didik tidak mudah putus asa dalam mengerjakan tugas, tekun dalam mengerjakan tugas, dan berkonsentrasi dalam belajar. Sedangkan implikasi dari pemberian penguatan ini adalah peserta didik senang belajar setelah diberikan penguatan, menjadikan peserta didik aktif di kelas, dapat menyelesaikan tugas dengan tepat, serta keinginan peserta didik mendapatkan nilai yang bagus.


Keywords


Reinforcement; Motivasi Belajar; Pembelajaran Fikih; Keterampilan Dasar Mengajar

References


A.M, Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abror Abd. Rahman. 1993. Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: Tiara Wacana

Asril ,Zainal. 2003. Micro Teaching disertai dengan pedoman pengalaman lapangan, Jakarta : Rajawali Pers.

Azhar, Muhammad. 1996. Fiqih Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azhari, Akyas. 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: PT Mizan Publika.

Bahirni. 2015. Guru Bidang Studi Fiqh MTsN Model Padang, Wawancara pribadi.

Bakry, Nazar. 2003. Fiqh dan Ushul Fiqh, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soerya Brata, Sumardi. 1991. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Bustami, Isni. 2001. Fiqih 1. Padang: IAIN Imam Bonjol Press, Cet ke-1

Darajat, Zakiah. 2004. Ilmu Pendidikan Islam , Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Quran Dan Terjemahnya,Jakarta:Darus Sunnah.

_________. 1993. Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta: Surya Cipta Aksara.

_________. 2004. Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum, Jakarta: Departemen Agama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. I, Edisi Ketiga; Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006.Undang-Undang Guru Dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta

Djazuli H. A. 2010. Ilmu Fiqh Penggalian, Perkembangan Dan Penerapan Hokum Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

E. Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hafid, Anwar, dkk,. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Kendari: Alfabeta

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, JJ. 1994. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro, Bandung: Remaja Rosdakarya.

http://suhadinet.wordpress.com/2008/07/26/motivasi-belajar

Ismail, Muh. Ilyas. Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Makasar: UIN Alauddin

Koto, Alaiddin. 2006. Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : PT.Raja Grafindo,

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muslim, Imam, Sahih Muslim, Beirut: Dar Al-Fikr, T. th

Nico, Syakur. 1988. Pengalaman dan Motivasi Beragama Yogyakarta, Kanisius.

Nursyamsi. 2003. Psikologi Pendidikan, Padang: Baitul Hikmah.

R.Tabrani A. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar ,Bandung: Rosdakarya.

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kalam Mulia.

Ramulyo, Mouh Idris. 1995. Asas-Asas Hokum Islam, Jakarta: Sinar Grafika.

Risak, Thomas M. dalam kutipan Dzakiah Daradjat, dkk.1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara,

S. Bahreysi. 1987. Terjemahan Riadus Shalihin, Bandung : PT. al-Ma’arif.

Saadie, Ma’mur, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Universitas Terbuka.

Saleh, Abdurrahman. 1983. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Proyek Peningkatan Mutu Pendidikan

Agama, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama,

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kbk, Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas. 1999. Pengantar EvaluasiPendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Supriono Widodo & H. Ahmadi Abu. 1991. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,

Syah Mohibbin. 1999. Psikologi Belajar, Jakarta : Logos Wacana Ilmu

Syukur, Syarmin. 1993. Sumber-Sumber Hukum Islam, Surabaya: Al-Ikhlas,

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.

Usman Moch. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

__________. 2008. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Wahhab, Kallaf Abdul. 1996. Kaidah-kaidah Hukum Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Winkel W.S. 1996. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia

Yamin, Martinis. 2009. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta: Tim Gaung Persada Press

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Social dan Pendidikan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara,


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i2.573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.