KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF K. H. HASYIMASY’ARI

Arafik Syaif, Rabiatun Adwiah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep manajemen pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari melalui nilai-nilai yang dikembangkan K.H. Hasyim Asy’ari dan mengidentifikasi kecenderungan pemikiran K.H.Hasyim Asy’ari. Penelitian ini termasuk kategori penelitiankualitatif. Jenis penelitian ini adalahpenelitian sejarah (historical research) dengan kualifikasi pada penelitianpada penelitian biografis.Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik dokumentasi dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) Heuristik; 2)Kritik; 3) Interpretasi; 4) Historiografi. Tehnikpenyajiandatanya secara analisisdeskriptif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsepmanajemen pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dengan pesantrennya dalam mengembangkan kurikulum hampir seluruhnya berorientasi pada pada kurikulum keagamaan (fiqh oriented) dan sistem pendidikan yang mempertahankan tradisi pada pengajaran kitab-kitab klasik.Keunikan KH. Hasyim Asy’ari dengan pesantrennya, dengan tradisi belajar-mengajar tradisional yang bersifat konvensional akan menghadapi realitas kemodernan yang menuntut segala macam bentuk perubahan, akan mampu menimbulkan gejolak yang bila tidak segera di atasi akan mengancam eksistensi pendidikan tradisional itu sendiri.

Kata Kunci:Konsep, Manajemen, Pendidikan Islam, K.H. Hasyim Asy’ari


Keywords


Konsep, Manajemen, Pendidikan Islam, K.H. Hasyim Asy’ari

References


A.M. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Afriadi Putra. 2016. Pemikiran hadis KH. M. Hasyim asy’ari dan kontribusinya terhadap kajian hadis di indonesia vol 1, No 1 http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jw/article/view/577/569.

Ahmad Khoirul Fata, M. Ainun Najib. 2014. Kontekstualisasi pemikiran kh. Hasyim asy`ari tentang persatuan umat islam Vol. XXXVIII No. 2

http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id › index.php › jurnalmiqot › article › view.

Al Amir Syakib Arsalan. 1992. Mengapa Kaum Muslim Mundur.Jakarta: Bulan Bintang, 1992 [cet 1. 1954].

Abu Bakar Aceh. 1975. Sejarah Hidup KH A Wahid Hasyim dan Karangan Tersiar. Jakarta: Panitia Buku Peringatan KHA Wahid Hasyim.

Burhan Bungi. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Khuluq Lathiful. 2000. Kebangunan Ulama Biografi KH. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: LkiS.

Masyhuri, M. Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mahrus As’ad. 2012. Pembaruan Pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari Vol. 8, No.1, https://ejournal.unida.gontor.ac.id › tsaqafah › article › download.

Muhamad Faiz Amiruddin. 2018. Konsep pendidikan islam menurut kh. Hasyim asy’ari Volume 1, Nomor 1 https://ejournal.stisfa-kediri.ac.id › dirasah › article › download › 1.

Muchamad Coirun Nizar. 2017. Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Persatuan. Vol 1,No 1 https://ejournal.undip.ac.id › index.php › endogami › article › download.

M. Arifin. 2006. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teori dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, (Jakarta: INIS, 1994).

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘alim wal-muta’alim, (Jombang: Turast al-Islam, 1415 H).

Munzir dan Harjani Hefni. 2003. Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.

Noor Rohinah M. 2010. KH Hasyim Asy’ari Memodernisasi NU dan Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo khazanah Islam.

Rifai Muhammad, 2010. KH. Hasyim Asy’ari : Biografi Singkat 1871-1947. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Surakhmad Winarno. 2000. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito.

Syed Sajjad Husain dan Syed Ali Ahraf. 1986. Krisis Pendidikan Islam. Term, Rahmani Astuti. Bandung: Rizala, Cet.I.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v2i2.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.