ANALISIS SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL PADA MATAKULIAH ALJABAR LINIER

Amalina Amalina, Fitria Mardika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian tengah semester ganjil mahasiswa program studi tadris matematika UIN Imam Bonjol Padang Tahun Ajaran 2018/2019 ditinjau dari tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas tes. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan perhitungan statistik.Subjek penelitian mencakup seluruh mahasiswa program stidy Tadris Matematika UIN Imam Bonjol Padang. Butir soal yang digunakan yaitu butir soal Mata Kuliah Aljabar Linear. Hasil penelitian analisis butir soal ujian semester ganjil menunjukkan bahwa reliabilitas termasuk soal yang memiliki Reliabilitas sedang yaitu sebesar 0,48..Berdasarkan Daya Pembeda soal semua soal memiliki indeks pembeda yang signifikan. Berdasarkan Tingkat Kesukaran secara keseluruhan menunjukkan bahwa semua butir soal sedang. Jadi dapat disimpulkan keseluruhan butir soal yang diajukan dalam ujian tengah semester tersebut dapat dipakai.

Abstract

This study aims to find out the quality of odd semester midterm exam items for students of the Tadris mathematics study program at Imam Bonjol Padang Academic Year 2018/2019 in terms of difficulty, differentiation, and test reliability. This type of research is descriptive quantitative using statistical calculations. Subjects of the study include all students of the Mathematics Tadris UIN Imam Bonjol Padang program. The items used are items in Linear Algebra. The results of the analysis of odd semester exam items show that reliability includes items that have moderate reliability that is equal to 0.48. Based on the Distinguishing Power, all questions have a significant differentiating index. Based on the overall level of difficulty shows that all items are medium. So it can be concluded that the whole items submitted in the midterm can be used.

Keywords


Analisis Butir Soal, Ujian Tengah Semester

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v1i2.1179
Abstract views : 356 times
PDF : 630 times

References


Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Banfung: Remaja Rosdakarya

Tatang, S. 2012. Ilmu Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia

Muhidin, S.A & Abdurahman, M. 2007. Analisis Korelasi Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Prawironegoro, Pratiknyo. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Matematika Siswa Khusus Analisis Soal Untuk Bidang Studi Matematika. Jakarta: P2LLPTK

Suharsimi, Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.