APLIKASI SISTEM MODULO 7 DALAM PREDIKSI PERINGATAN HARI BESAR NASIONAL INDONESIA TAHUN 2030

Ade Novia Rahma, Rahmawati Rahmawati, Zukrianto Zukrianto

Abstract


Sistem modulo 7 dapat diaplikasikan dalam memprediksi Hari besar Nasional setiap bulan, tahun bahkan beberapa tahun kemudian. Modulo merupakan sebuah operasi yang menghasilkan sisa pembagian operasi dari suatu bilangan terhadap bilangan lainnya. Sistem sisa pembagian operasi dari suatu bilangan ini dapat diimplementasikan dengan menggunakan modulo 7 untuk menentukan hari dimasa lampau atau pun yang akan datang. Pada Tulisan ini akan dibahas cara mudah dan sederhana dengan penyelesaian secara umum dan matematis dalam menentukan hari besar nasional. Tahun 2030,  dengan syarat tanggal, bulan, dan tahun kejadian kita ketahui secara pasti.

Abstract

The modulo 7 system can be applied in predicting National Holidays every month, year or even several years later. Modulo is an operation that produces the remainder of the division of the operation from one number to another. This system of remaining operating division of a number can be implemented using modulo 7 to determine the past or future days. This paper will discuss easy and simple methods with general and mathematical solutions in determining national holidays. The year 2030, provided the date, month, and year of the incident we know exactly.

Keywords


modulo, aritmatika modulo, teori bilangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v2i2.2260
Abstract views : 576 times
PDF : 1414 times

References


Agung Handayanto, Peranan Sistem Modulo Dalam Penentuan Hari Dan Pasaran. Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA IKIP PGRI.

Gauss, Friedrich G. 1801. The Disquisitiones Aritmeticae : Congruent Number in General.

Handayanto, A. 2012. Peranan Sistem Modulo dalam Penetuan Hari dan Tanggal dan Pasaran. Pendidikan Matematika, IKIP PGRI, Semarang.

Muhsetyo, G. 2011. Teori Bilangan. Jawa Barat, Universitas Terbuka.

Randy Rahayu Melta. Model Penentuan Hari Dari Sebuah Tanggal. Mathematics Departement Universitas Negeri Padang, Indonesia.

Sukirman, H. 2004. Pengantar Teori Bilangan. Yogyakarta.

Sukirman, H. 2016. Teori Bilangan, Edisi 1. Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.