Peran Generasi Z dalam Moderasi Beragama di Era Digital
Abstract
Artikel ini membahas tentang peran generasi Z dalam moderasi beragama di era digital. Generasi Z adalah generasi yang terlahir antara tahun 1995-2010. Generasi Z yang dipandang sebagai generasi terpelajar di era digitalisasi saat ini diharapkan mendukung terlaksananya kebijakan atau program moderasi beragama. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama adalah cara mengamalkan kehidupan beragama dengan mengambil jalan tengah atau cara diri menghindar dari tindakan ekstrim atau fanatisme. Bahasa lainnya, moderasi dapat dipahami sebagai suatu proses pengaktualisasian ajaran agama secara adil, seimbang, dan bijaksana. Moderasi beragama menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia untuk menghindarkan diri dari ancaman kelompok ekstrimisme dan liberalisme yang hanya menginginkan perpecahan. Diperlukan peran generasi Z dalam mendukung moderasi beragama antara lain yaitu sebagai kontrol sosial dalam media sosial, bersikap pertengahan atau tidak terlalu fanatik, menjadi umat yang baik, menyebarkan tentang pentingnya moderasi beragama dan mengajak dalam hal kebaikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)


References
Agustias, M. R. (2021). Perspektif Moderasi Beragama Dari Berbagai Aspek Kehidupan (Pendidikan, Ekonomi, Sosial, Budaya, Kesehatan, dan Politik) (D. Indriana (ed.)). Media Madani.
Campbell, H. (2010). When Religion Meets New Media. Routledge.
Darmadji, A. (2011). Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia. Millah, 11(1), 235–252. https://doi.org/10.20885/millah.vol11.iss1.art12
Effendy, B. (2001). Masyarakat Agama dan Pluralisme Keagamaan. Galan Press.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191
hootsuite.com. (2020). Hootsuite, Indonesia Digital Report 2020. Glob. Digit. Insights. Hootsuite.Com. hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/
Kamali, M. H. (2015). The Middle Path of Moderation in Islam. Oxford University Press.
Kementerian Agama. (2019). Tanya Jawab Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kompas.com. (2021). Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia Melek Media Sosial. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial
Mahyuddin. (2020). Moderasi Beragama Antara Fakta dan Cita. IAIN Parepare.
Mubarak, A. Z. (2018). Moderasi Islam di Era Disrupsi. Pustaka Senja Imprint Ganding Pustaka.
Muttaqin, A. (2012). Agama Dalam Representasi Ideologi Media Massa. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(2).
Nisa, Yunita Faela, L.A. Hedarmin, D.A. lubis, D. Syafruddin, and I. Ropi 2018. " Gen Z: Kegalauan Identitas Keagamaan." Jakarta: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta.
R., H. W. I. I. Y. C. A. L. H. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Pena Persada.
Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World, Proceeding Indonesian Carrier Center Network. ICCN, 1(1), 21–24. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/ICCN/article/view/2721
Ramadhan, I. N., Fadilah, I., Sa’adah, R., Wildan, M., Putri, R. (2021). Moderasi Masyarakat Madani: Sosial-Ekonomi, Agama Islam, dan Pandemi Covid-19 DKI Jakarta. Media Madani; Media Madani.
Solihat, A., Utami, A.E., Anisa, Prayogo, A.F., Permana, A., M. (2021). Realisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di masyarakat. Haura Publishing.
Syaefudin, M. (2014). Reinterpretasi Gerakan Dakwah Front Pembela Islam (Fpi). Jurnal Ilmu Dakwah, 34(2), 259–276. https://doi.org/10.21580/jid.v34.2.486
Yusuf, M.Zulfikar., & Destita Mutiara. (2022) "Diseminasi Informasi Moderasi Bergama: Analisis Konten Website Kementerian Agama." Dialog : 227-137.
Zulita, M. A., Hamidah, M. N., & Halid, M. N. (2021). Peran Moderasi Beragama dalam Kehidupan Bermasyarakat di Masa Pandemic Covid-19 (H. Taqiyuddin (ed.)). Haura Publishing.
Yusuf, M.Zulfikar., & Destita Mutiara. (2022) "Diseminasi Informasi Moderasi Bergama: Analisis Konten Website Kementerian Agama." Dialog : 227-137.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Departement Religious Studies of The Faculty Ushuluddin and Religious Studies State Islamic University Imam Bonjol Padang
Jl. M. Yunus No. 1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat 25153
E-mail: al-adyan@uinib.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.