PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Anas Salahudin, Dede Rohaniawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah memakai model example non example serta bagaimana aktivitas pembelajaran gugu ketika menggunakan model tersebut.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples nilai rata-rata keseluruhan siswa hanya mencapai 42 yang berarti bernilai rendah. Dan hasil belajar setelah menggunakan tipe example non example di siklus 1 menjadi 73 yang berarti predikat baik, dan pada siklus 2 menjadi 86 dengan predikat sangat baik. Begitu juga dengan aktifitas guru dan siswa meningkat pada setiap siklusnya.Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 84% artinya baik, pada siklus II menjadi 97% artinya sangat baik, sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77% artinya baik, pada siklus II sebesar 95% artinya sangat baik.


Keywords


Pembelajaran Berkelompok, Penelitian Tindakan Kelas, sains



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1586
Abstract views : 259 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 302 times

References


Aqib, Zainab. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Budiningsih, Asri.2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanafi. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Hanafiah. 2010. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas dan Model Pembelajaran. Bandung: Fakultas Keguruan Universitas Islam Nusantara.

Hayati, Tuti. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri.

Huda, Miftahul. 2013. Model-modelPengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis Dan Paradigmatik). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: ALFABETA.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajarn Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT Refika Aditama.

Maufur, F Hasan. 2009. Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikan.Semarang: PT Sindur Press.

Mulyasa. 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah).Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin. 2012.Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar: Dan Penerapannya Dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Surabaya: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Suyani, N. dan Agung, L. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Takari, Endah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Genesindo.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.