PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 07 SUNGAI TARAB KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR

Kamsinar Kamsinar

Abstract


Rumusan masalah penelitian adalah: bagaimana bentuk perencanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk peningkatan pemahaman konsep IPA melalui metode eksperimen pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, dan bagaimana hasil pembelajaran melalui metode eksperimen pada pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan rencana pembelajaran, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui metode eksperimen pada pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, dan mendiskripsikan hasil pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Tindakan dan pengamatan pembelajaran IPA dengan metode eksperimen yaitu: mempersiapkan pemakaian metode eksperimen, melaksanakan pemakaian metode eksperimen, tindak lanjut dari penggunaan metode eksperimen. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu: tahap refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan tindakan, tahap refleksi. Pembelajaran dengan menggunakan pemahaman konsep melalu metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat pada siklus I dengan nilai rata-rata 63,8 selanjutnya pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata  87,8. Hal ini merupakan bukti keberhasilan pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan di SDN 07 Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

Keywords


IPA, Metode Eksperimen, Hasil Belajar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1587
Abstract views : 165 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 254 times

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas

Moedjiono. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Depdiknas: Jakarta

Sunaryo Kartadinata. 1996. Perkembangan Peserta didik. Depdikbud

Usman Samatowa. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.