PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SD/MI DI INDONESIA: DARI KTSP MENUJU KURIKULUM 2013

Andi Prastowo

Abstract


Perubahan kurikulum adalah sebuah keniscayaan agar pendidikan tidak anti realitas. Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidiayah di Indonesia juga mengalami perubahan seiring dengan perubahan kebijakan kurikulum 2013 yang menggantikan Kurikulum 2006. Perubahan ini dilakukan agar terjadi perbaikan mutu pendidikan di Indonesia. Namun, seiring pelaksanaan Kurikulum 2013 masih saja terjadi berbagai persoalan moral dan hukum di lingkungan anak dan pelajar yang tidak kunjung surut. Berangkat dari persoalan itulah, penelitian ini berupaya untuk mengungkap bagaimana perubahan kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Dengan menggunakan studi kepustakaan, temuan penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa perubahan kurikulum PPKn untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah ternyata substansial mencakup empat aspek yaitu tujuan, isi atau materi, strategi atau metode, dan evaluasi pembelajarannya.

Keywords


Perubahan Kurikulum, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1590
Abstract views : 3008 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 10743 times

References


Ali, Mohammad. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional (Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Cet. IV. Bandung: remaja Rosdakarya.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud. (2013). Strategi Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Indikator. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Fatmawati, Yuyun, dan Harmanto, (2015). “Hambatan Guru SMA Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kabupaten Jombang”, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol 2, No 3: hlm. 512-529

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulm Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indratno, A. Feri T. (ed.). (2008). Kurikulum yang Mencerdaskan Visi 2030 dan Pendidikan Alternatif, Cet. II. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

KPAI. (2016). "Data Kasus Perlindungan Anak Berdasarkan Lokasi Pengaduan dan Pemantauan Media se-Indonesia Tahun 2011-2016".Diunggap 17 Juli 2016.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: RajaGrafindo Persada Pers.

Kurniasari, Waluyati, Sri Artati, Kurnisar. (2017). “Hambatan Guru PPKn Dalam Mengkonversikan Nilai Skala Angka Menjadi Huruf Pada Kurikulum 2013 Di SMAN 1 Indralaya Dan SMAN 2 Tanjung Raja”, Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 4 No. 1: hlm 60-70

Majid, Abdul. (2013). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Majid, Abdul. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaah, Kurikulum 2013 Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014, Ditetapkan Tanggal 2 Juli 2014.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaah, Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016, Ditetapkan Tanggal 6 Juni 2016.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaah, Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016, Ditetapkan Tanggal 6 Juni 2016.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaah, Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016, Ditetapkan Tanggal 6 Juni 2016.

Menteri Pendidikan Nasional, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Ditetapkan Tanggal 23 Mei 2006.

Menteri Pendidikan Nasional, Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, Ditetapkan Tanggal 23 Mei 2006.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muslich, Masnur. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Prastowo, Andi. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Presiden Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Ditetapkan tanggal 8 Juli 2003.

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas. (2011). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendiknas, 2011.

Rianti, Chotimah, Umi, Kurnisar. (2016). “Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Pada Matapelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Tanjung Raja)”, Jurna Bhineka Tunggal Ika, Vol. 3 No. 1: hlm. 80-94.

Shalihah, Zuriyatun, Dantes, Nyoman, Lasmawan, I Wayan, “Studi Evaluatif Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) PKn Dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Gugus SD/MI Se-Kecamatan Selong”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 1: hlm. 1-10

SP, Kurikulum 2013, Kemag Latih 140.000 Guru Madrasah,

Sudrajat, Rahmat. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn SMA Di Kota Semarang (Studi Eksperimen Mata Pelajaran PPKn Kurikulum 2013)”, Pancaran Pendidikan, Vol. 5 No. 1: hlm. 29-44

Surakhmad, Winarno. (2009). Pendidikan Nasional: Strategi dan Tragedi (Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syahroi, Muhammad Syahroi, Gimin, Zahirman. (2015). “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Ppkn Di SMA Negeri Se Kota Pekanbaru”, Jurnal Online Mahasiswa, Vol 2 No. 2: hlm. 1-8.

Tilaar, H.A.R.(2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Dosen AP. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Tim PGRI. (2014). Pendidikan untuk Transformasi Bangsa: Arah Baru Pendidikan untuk Perubahan Mental Bangsa. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Widiawati, Alfiandra, Waluyati, Sri Artati . (2016). “Kompetensi Guru PPKn Dalam Menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri Kota Palembang”, Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 3 No. 2: hlm. 174-186.

Wulandari, Dwi Anggi, Faisal, Emil El, i Waluyati, Sri Artati. (2016). “ Faktor-Faktor Penghambat Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Mata Pelajaran PPKn Di SMA Negeri Se-Kota Palembang”, Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 3 No. 1: hlm. 72-83

Yani, Muhammad Turhan, Setyowati, Rr. Nanik, Islamiyah, Denik Nur, Pranggono, Galeh. (2011). “Konstruksi Kurikulum Dan Pembelajaran Terpadu Antara Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Sekolah Dasar”, Islamica, Vol. 6 No. 1: hlm. 168-179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tarbiyah Al-Awlad