PENERAPAN METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 12 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN
Abstract
Kasus yang penulis temui dalam penerapan metode cerita, pendidik bercerita hanya sebatas membacakan isi teks, tanpa ekspresi, dan gerakan yang menarik serta tidak menggunakan alat atau media penunjang. Karena dalam kajian penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidik serta apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode cerita. Hasil penelitian dapat disimpulkan: pertama, langkah awal dalam menerapkan metode bercerita pendidik sudah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tentang langkah-langkah metode bercerita. Kedua, penerapan sudah menggunakan berbagai macam metode bercerita diantaranya membacakan langsung dengan teknik bermain peran. Ketiga, evaluasi melalui tes tulis dan lisan, Keempat, kendala yang dihadapi diantaranya tidak memanfaatkan sarana sekolah seperti laptop, tape, gambar, dan speaker sebagai media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1593
Abstract views : 182 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 740 times
References
Arsjad, G. Maidar dan Mukti U.S. Pembinaan Kemampuan Berbicara bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 1991
Cahyani, Isah Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Agama RI, 2000
Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak – Kanak, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2004
Resmini, Novi dkk, Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bandung : Upi Prees, 2006
Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2015
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2014
Santoso, Puji, Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesi SD, Jakarta: Uniersitas Terbuka, 2009
Tarigan, Djago, Pendidikan Keterampilan Berbahasa, Jakarta: Universitas Terbuka, 2003
Refbacks
- There are currently no refbacks.