PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 33 KALUMBUK KOTA PADANG

Adriantoni Adriantoni, Altika Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar IPA di kelas V SDN 33 Kalumbuk Kota Padang tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 33 Kalumbuk Kota Padang dan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan  starata  yang ada dalam populasi. Teknik penentuan sampel secara jenuh dengan rancangan penelitian posttest only control design. Hasil penelitian ditemukan terdapat pengaruh     penggunaan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar IPA  di kelas V SDN 33 Kalumbuk Kota Padang.


Keywords


Pengaruh, Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar IPA



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1620
Abstract views : 518 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 301 times

References


Haerunisa, Siti Rahma. 2008: Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Pemahaman Peserta didik Tentang Sistem Koloid (Penelitian Tindakan Kelas AL Baqiyatusholihat Tenjo Bogor.

Jasumayanti, Eka. 2013. Korelasi Antara Pendekatan Konstruktivisme dengan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Univesitas Negeri Yogyakarta. (Diaksespada 28 Oktober 2015, pukul 19.95 WIB).

Muhammad, Hasan. 2012. Penerapan model Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik Mengenai Energi Gerak di Kelas III SD Negeri 1 Cilengkranggirang Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon, 30. Priyatno Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik

Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom. Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Suwangsih, Erna danTaulina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kuliatatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.