DISTORSI NILAI PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN FUNGSI SURAU DI MINANGKABAU

Abdal Fajri, Mahmud Mahmud

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dekadensi moral yang telah menimpa hampir semua kalangan di Indonesia. Sistem pendidikan yang berorientasi pada kuantitas diduga menjadi salah satu penyebabnya. Pada kasus lokal minangkabau dahulu memiliki surau sebagai institus keagaaman yang terbukti telah mencetak generasi bangsa yang berkarakter yang dapat dibanggakan. Namun, perjalanannya sekarang mengalami banyak perubahan fungsi. Dalam tulisan ini penulis menganalisis sistem pendidikan karakter pendidikan agama Islam yang dijalankan di surau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab distorsi nila-nilai pendidikan surau di Minangkabau. Merupakan penelitian sejarah dalam bentuk studi literature dengan menggunakan metode analisis konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga surau mengalami distrosi yang disebabkan oleh modernisasi Islam, kasus urbanisasi, gerakan pendidikan sekuler, munculnya pendidikan modern, dan karakter orang minang yang inklusif. Maka simpulan dalam penelitian ini didapati dua faktor yakni internal dan eksternal yang memicu perubahan nilai-nilai pendidikan surau di minangkabau.


Keywords


Distorsi, Nilai Pendidikan, Surau



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2569
Abstract views : 612 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 367 times

References


A.Steenbrink, Karel. Pesantren, Madrasah, Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES, 1986

Abdullah, Taufik. School and Politic: The Kaum Muda Movement in West Sumatera, 1927-1933. Disertasi Ph.D pada Cornell University, 1970

Abidin, Mas’oed. Tiga Sepilin Surau Solusi untuk Bangsa, Yogyakarta : CV Gre Publishing, 2016

Abrasyi, Al, Muhammad Athiyah, tt. Ruhut Tarbiyah wa al-Ta’lim. Saudi Arabia: Darul Ahya

Anwar, Khaidir. Beberapa Aspek Sosio-Kultural Maslah Bahasa, Gama Univ . Press, 1995

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan Abad XVIII Melacak Akar Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia. Bandung : Mizan, 1994

Benson, Amir. Minangkabau Sampai Abad Ke-19, Padang: Jurusan Sejarah Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial IKIP Padang, 1994

Bisri, Cik Hasan. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi bidang Ilmu Agama. Jakarta:Logos, 1998

Darmiharjo, Darji. Analisis Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1980

Dewobroto, Wiryanto. “Distorsi Sambungan Baut akibat Curling dan Pencegahannya Studi Kasus Sambungan Pelat Tipe Geser (lap-joint) dengan Baut Tunggal”, Google Cendekia, Jurnal Teknik Sipil Jurnal Teoritis dan Terapan Rekayasa Sipil, 2 Agustus 2009, Vol. 16. 2009

Djamil, Murni., Abdul karim Amrullah. Pengaruh dalam gerakan pembaharuan islam diminangkabau pada awal abad ke-20, Jakarta : INIS. 2002

Elposito, John, Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, Jilid III, Bandung: Mizan. 2001

Furchan, Arief.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional, 1982

Gazalba, Sidi, Masjid Tempat Ibadah dan Kebudayaan Islam, Jakarta : Umminda. 1982

G. Setya, Nugraha, Kamus Bahasa Indonesia Praktis di lengkapi Ejaan Umum Bahasa Indonesia yang di sempurnakan (EYD) & Pantun, Surabaya : Sulita Jaya

Hasbullah.Sejarah Pendidikan Islam; Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1995

Hadi, Wisran, Sejarah perkembangan surau di Minangkabau, Materi Pelatihan Pemberdayaan Gerakan Kembali Ke Surau dilaksanakan oleh Biro Peberdayaan Sospora Sekretaris Daerah Prov.Sumbar 15 2/d 17 Juli 2007 di Hotel Pangeran City, Padang

Hakimy, Idrus, Pepatah, Petitih, Mamang, Bidal, Pantu, Gurinda, https://palantaminang.wordpress.com/pepatah-petitih/, diakses hari Kamis tgl 30 Maret 2017

Kato, Tsuyosi, Adat Minangkabau dan Merantau dalam Perspektif Sejarah, Jakarta: Balai Pustaka. 2005

Kartono, Kartini. Pengantar Metodologi Research Social, Bandung:

alumni. 1980

Kartodirdjo, Sartono. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 1993

Karim, Batubara Abdul, Jurnal Iqra’ Volume 09 No 02 Mei 2015

Khadimullah, Tuangku Kayo., 2007, Menuju Tegaknya Syariat Islam di Minang Kabau: Peran Ulama Sufi dalam pembaharuan Adat, Bandung : Marja, Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : PT Gramedia Widia Sarana Indo kerjasama dengan IAIN Jakarta

Koentjaraningrat.Metode- metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia. 1981

Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna. 1988

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2012

Maksum, Ali, “Kontruksi Nilai melalui Pendidikan Olahraga”, Google Cendekia, Cakrawala Pendidikan, No 1, Tahun XXVIII, Februari 2009

Mansoer, M.D.Sejarah Minangkabau, Jakarta: Bathara. 1970

Martono, Nanang, Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern dan Poskolonial, Edisi Revisi ,Jakarta: Rajawali Pers..2014

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya1993

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004

Nahlawi, Al, Abdurrrahman, Ushulut Tarbiyah al-Islam wa Asalibuha. Beirut: Darul Fikr. 1979

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian bidang Social , Yogyakarta : Gajah Mada University, 1993

Nizar, Samsul. Lembaga Pendidikan Nusantara Melacak Akar Pertumbuhan Surau Sebagai Lembaga pendidikan di Minang kabau Sampai Kebangkitan Perang Paderi, dalam Abudin Nata, Sejarah Pertumbuhan Perkembanagan Lembaga-lembaga Pendidikan islam di Indonesia, Jakarta : PT Grasindo, kerjasama dengan IAIN Jakarta. 2001

Noer, Deliar, Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia, Anggota IKAPI, 1995

Purwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1999

Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profesi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2011

Setia.G, Nugraha., Kamus bahasa Indonesia Praktis ,Surabaya : Sulita Jaya, 2013

Sujarwo dan Basrowi. Manajemen Penelitian Social, Bandung : Mandar Maju. 2009

Sist, Jhon, W. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional. 1982

Steenbrink, Karel, A. Pesantren, Madrasah, Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, (Jakarta: LP3ES. 1986

Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1996,

Van Bruinissen, Martin, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Bandung: Mizan. 1990

Witrianto. Dari Surau ke Sekolah: Sejarah Pendidikan di Padang Panjang, 1904-1942” Tesis pada Universitas Gadjah Mada. 2000

Wibowo, Agus, Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2013

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: hidakarya Agung. 1985

Zed, Mestika, Kolonialisme, Pendidikan dan Munculnya Elite Minangkabau Modern: Sumatera Barat Abad Ke-19, Seminar Sejarah Lokal di Medan. 1984


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tarbiyah Al-Awlad