PENERAPAN MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SDN 10 SURAU GADANG

Marli Ustaziah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 10 Surau Gadang. Metode peniliian ini penelitian eksperimen (Experimental Research).Hasil penelitian menunjukkan setiap pertemuan nilai yang diperoleh kelompok berbeda-beda. Peneliti memberikan reward kepada kelompok terbaik, Kelompok yang terbaik memperoleh nilai 95, maka pertemuan pertama kelompok terbaik diraih oleh kelompok III, pada pertemuan kedua kelompok terbaik diraih oleh kelompok II, pada pertemuan ketiga kelompok terbaik diraih oleh kelompok V dan pada pertemuan terakhir atau keempat kelompok terbaik di raih oleh kelompok I. Peneliti memilih kelompok tersebut menjadi kelompok terbaik karena mereka kompak, tertib, dan jawaban LDS nya lengkap. Pada saat tes akhir peneliti memberikan waktu 60 menit kepada kedua kelas sampel yaitu 26 orang siswa pada kelas eksperimen dan 21 orang siswa pada kelas kontrol Hasil perhitungan uji t didapat harga 𝑡ℎi𝑡𝑢𝑛g 2,22 dan pada taraf nyata 0,05 didapat harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,67. Dengan dk = 26+21-2 = 45 dengan demikian 𝐻1 diterima karena 𝑡ℎi𝑡𝑢𝑛g > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dan 𝐻0 ditolak karena 𝑡ℎi𝑡𝑢𝑛g < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 . maka dapat dikatakan bahwa hipotesisnya diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) dengan model pembelajaran konvensional.


Keywords


STAD, Hasil Belajar, IPA



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2576
Abstract views : 112 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 60 times

References


Al-tabany. 2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif,Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Darmi. 2006. Penerapan Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas V sd n 01 Durian Tinggi. Padang. FKIP: Universitas Bunghatta.

Ekawati, dkk. 2013. Analisis Instrumen Tes Akhir

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Ratumanan. 2003. Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan Dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Shoimin,Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Slavin. 2015. Cooperative Learning Teori,Riset,Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana,Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati, Asra. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: Wancana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.