MODEL QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Zulvia Trinova, Sasmi Nelwati, Nadiatul Khairo

Abstract


Permasalahan yang terjadi di SD/MI, yaitu masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI. Pendidik belum menerapkan model-model pembelajaran yang melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD/MI sehingga mendorong para pendidik untuk mencari ide atau pemikirannya terkait dengan model pembelajaran dalam pembelajaran tematik yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui analisis model pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah Quantum Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis, dengan metode studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dokumentasi seperti buku pedoman, jurnal dan skripsi dan sebagainya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran Quantum Learning pada pembelajaran Tematik yang melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD/MI, model Quantum Learning menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD/MI. Model Quantum Learning menerapkan Langkah-langkah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD/MI, langkah-langkah tersebut dapat melatih peserta didik merekonstruksi pengetahuan sebelumnya dengan apa yang baru saja mereka pelajari, tujuan tertinggi yang dicapai dalam langkah ini yaitu mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Keywords


Quantum Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i1.3953
Abstract views : 321 times
PDF : 165 times

References


Abdullah Ridwan Sani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Raja Grafindo Persada

Al Ihwanah, Strategi The Power Of Two dan Implikasinya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah, Tabriyatuna, Vol 7 No. 1 Juni 2016

Anisya Fitriani, Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 1, 2019

Arikunto Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Daryanto, Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21 Yogyakarta: Gava Media Depdiknas. 2016. Undang- Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015. Bandung : Citra Umbara

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Fajar Mulya

Depdiknas. 2016. Undang –undang RI, Nomor 32 Tahun 2003 Tentang Perubahan atas PP Nomor 19 Tahun 2005 : Tentang Standar Nasional Pendidikan. Bandung : Citra Umbara

Eka Putra Aryawan, Ndara T., dkk, Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Berbantuan Media Belajar Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika, e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun 2014

Halim Abdul Hanafi. 2017. Metodologi Penelitian Kependidikan. Bandung : Hakim Publishing

Hanifli, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, Volume 1 Nomor 1 Juli 2017 | ISSN Cetak : 2580 – 8435, file:///C:/Users/Windows%2010/

Ifada Novikasari, Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar, (Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, INSANIA|Vol. 14|No. 2|

Kaelan. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma

Khatibah, Penelitian Kepustakaan, Jurnal Iqra’ Volume 05 No.01 Mei , 2011

M. Maskur, Eksistensi Dan Esensi Pendidikan Madrasah Di Indonesia, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor 1 Juni 2017 p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915

Nazir Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurdyansyah, Pandi Rais, Qorirotul Aini, The Role of Education Technology in Mathematic of Third Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodon, Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School Vol. 1 (1), November 2017, 37-46 ISSN 2579. 2017.

Prastowo Andi. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta : Kencana

Prastowo Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Salamadian, PENGERTIAN ANALISIS: Fungsi, Tujuan dan Jenis Jenis Analisa https://salamadian.com/pengertian-analisis/

Sanjaya Wina. 2008. Strategi Pemelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Shihab M Quraish. 2004. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta : Lentera Hati

Silberman M. 2006. Active Learning : 101 Setrategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia

Siti Johariyah dan Yuanita Resti , Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tingkat MI, Al – Bidayah, Vol 4 No 2, Desember 2012

Siti Masri’ah Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two and Four Mata Pelajaran Fikih Materi Puasa di MTS Darul Ulum Ngaliyan Semarang, Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 1, Nomor 2, November 2016 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sobri M. Sutikno. 2005. Pembelajaran Efektif. Mataram : Ntp Press

Suguyarti Lina, Ahmad Arif, dkk, pembelajaran abad 21 di SD, jurnal pendidikan UNJ, ISSN 2528-5564,

Sumantri Mulyani, Nana Syaodih. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Suprijono Agus. 2015. Cooperatif LearningTeori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pernada Media Group

Sutikno, M Sobry. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok : Holistica

Thobroni M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : AR – Ruzz media

Tri Yuliansyah Bintaro, Penerapan Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Minat pada Mata Pelajaran Matematika, JSSH P- ISSN:2579-9088 Vol. 2 Nomor 1, Maret 2018

Wahid, murni dkk. 2010. Keterampilan dasar mengajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Yusrina Wardani, Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis pada Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Practice-Rehearsal Pairs dan The Power Of Two, Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2017, ISBN. 978-602-73403-2-9

Zed, Mestika. 2004. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.