PEMBELAJARAN SENI DI MI/SD BERBASIS MULTIKULTURAL

Dwi Nur Umi Rahmawati

Abstract


Pengenalan ragam budaya melalui seni jika tidak disampaikan dengan metode yang baik akan menjadi ajang narsistik dan fanatisme terhadap kesenian dan budaya kelompok tertentu. Hal ini dapat menimbulkan gesekan-gesekan antar individu yang berbeda suku serta menimbulkan benih-benih konflik yang berujung pada perilaku yang tidak terpuji. Karakter siswa usia MI/SD yang polos, labil, impulsif dan egosentris yang cukup tinggi menyebabkan siswa belum memiliki sikap pengendalian diri yang baik. Sehingga rawan melakukan tindakan yang tidak terpuji seperti menjelek-jelekan kesenian dan kebudayaan tertentu hingga berujung pada perilaku bulying. Seharusnya pengenalan ragam budaya melalui pembelajaran seni dirancang agar siswa mengakui ketepatan pandangan budaya yang beragam serta memiliki kebanggaan terhadap warisan budaya dengan berpegang teguh pada toleransi. Melalui pembelajaran seni berbasis multikultural siswa dilatih untuk tulus menghargai kekayaan seni dan budaya di Indonesia yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) dengan sumber-sumber pustaka berasal dari arikel penelitian dan buku-buku yang relevan, jurnal terindeks nasional dan internasional. Teknik analisis data menggunakan analisi isi (conten analys). Instrumen penelitian mengguakan daftar chek list inventaris sumber sumber pustaka berdasarkan tahun terbitan, isi materi dan variabel penelitian.


Keywords


Pembelajaran Seni, Metode Pembelajaran, Multikultural



DOI: https://doi.org/10.15548/jta.v11i2.3961
Abstract views : 967 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2192 times

References


Banks, J. a. (1998). Multiculturalism’s Five Dimensions. NEA Today.

Choirul Mahfud. (2019). Multicultural Education Based-Social Science Instructional Model in Islamic School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22 (1), 14-20. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i2

Hanum, F. (1992). Pendidikan Multikultural Dalam Pluralisme Bangsa. Managing Service Quality: An International Journal.

Malik, M. S. (2020). Analisis Hots, 4C, Literasi, Dan Pendidikan Karakter Dalam Seni Budaya Dan Prakarya MI/SD Kurikulum 2013. Elementary Islamic Teacher Journal.

Nur Umi Rahmawati, D., & Rahmawati, R. (2021). Science learning based on ‘merdeka belajar’ in elementary school during pandemic. https://doi.org/10.32698/icftk413

Pamadhi, Hadjar dkk. 2014. Pendidikan Seni di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Rahmawati, R. (2017). INTEGRASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.786


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tarbiyah Al-Awlad