EFEKTIFITAS PENDEKATAN RME TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Ayunis Ayunis, Dorisno Dorisno

Abstract


Siswa Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dalam memahami, menemukan solusi dan menarik kesimpulan. Sehingga kemampuan literasi matematika siswa Sekolah Dasar masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah untuk meningkatakan kemampuan literasi matematika siswa adalah dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan RME terhadap literasi matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD wilayah IV Kecamatan Koto Tangah. Kelas Eksperimen adalah siswa kelas IV SDN 25 Koto Panjang dan  siswa kelas IV SDN 46 Koto Panjang sebagai kelas kontrol.

Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Kelas eksperimen  memperoleh perlakuan dengan RME, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan instrumen berupa soal tes kemampuan literasi matematika dan lembar observasi. Dari hasil analisis penelitian menjelaskan bahwa litersi matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan RME lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional sehingga pendekatan RME lebih efektif. 


Keywords


literasi Matematika, RME, Realistic Mathematic Education, Sekolah Dasar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i1.4183
Abstract views : 708 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 307 times

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Busyra, S., & Sani, L. (2020). Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta. Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta, 3(01), 116.https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.51

Desyandri, Yesya, D. P., & Alwi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. e-Journal Inovasi Pembelajaran SD, VI(1), 1-10.

Desyandri. (2012). The Usage of Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach to Improve the Process and Learning Outcome of Singin to the Student Class III Elementary School YPKK of Padang State University. PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XII(1), 36-52.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking )dan kaitannya dengn kemampuan literasi Matematika. Prisma, I, 170-176

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Fauzan, A., Arnellis, Yerizon, & Arnawa, M. (2017). Learning Trajectory Differental with High Order Thinking Skills using Realistic Mathematics Education. International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) 2017 (pp. 22-31). Bukittinggi: Universitas Negeri Padang.

Fauzan, A., Arnellis, Yerizon, & Arnawa, M. (2017). Learning Trajectory Differental with High Order Thinking Skills using Realistic Mathematics Education. International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) 2017 (pp. 22-31). Bukittinggi: Universitas Negeri Padang.

Fauzan, Ahmad, & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Aceh, 55–63.

Hasanah, U., Wardono, W., & Kartono, K. (2016). Keefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education,5(2)

Hasratuddin. 2014. “Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter” Jurnal Didaktik Matematika, 1, 30-42.

Herawati, F. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berorientasi pada kemampuan representasi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1): 34–44. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9685

Kemampuan 4C dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 563-571

Kuswidi, I. (2017). Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika,6(2), 133-144.

Madyaratri, D. Y. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran PBL Dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 34–39.

Novita, R., Kurnia, A. B., & Yukan, S. S. (2014). Pembelajaran Penjumlahan Pecahan Dengan Menggunakan Media Penjumlahan Pecahan Kertas (Pencak) Di Kelas IV Sekolah Dasar. 1(April 2014), 1–11.

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS, II(2), 70-79.

OECD. (2017). How does PISA for development measure mathematical literacy? o eeloent ie. Paris: 0–https://doi.org/10.1787/9789264208780-en

Parker, K. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving Dan Problem Posing Mathematik Mahasiswa Via Pendekatan Realistik. 5(September 2016), 1–43.

Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Jambi. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.