PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 21 LUBUK LINTAH PADANG

Media Roza

Abstract


Hasil belajar IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Lubuk Lintah Padang masih tergolong rendah, banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep IPA peserta didik, pembelajaran masih berpusat kepada guru, aktivitas yang pasif dari peserta didik, dan kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan. Diantara cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik adalah dengan penerapan strategi Genius Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN

21 Lubuk Lintah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Lubuk Lintah Padang tahun ajaran

2015/2016. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik  Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas IV.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.2 sebagai kelas kontrol. Analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar IPA peserta didik di kelas eksperimen adalah 79,09 sedangkan pada kelas kontrol adalah 71,67. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil bahwa t hitung  > ttabel  yaitu (2,63>1,67) maka keputusannya adalah H0  ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 21 Lubuk Lintah Padang. Hasil belajar Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


Strategi Genius Learning, hasil belajar IPA.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.426
Abstract views : 358 times
PDF : 214 times

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asy’ari, Maslichah. 2006. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.

Panduan KTSP. Depdiknas. Jakarta.

Baiquni, Achmad. 1996. Al Qur’an dan Ilmu

Pengetahuan Kealaman. Jakarta

:Dana Bhakti Prima Yasa.

Depdikbud, (1995). Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Kelas 4. Jakarta Dirjen Dikdasmen.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro.

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.: Rineka Cipta.

Gunawan, Adi. 2006. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accerelated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka Reka Cipta.

Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rose, dan Nicholl. 2003. Accelerated Learning for The Century 21th Century cara Belajar Cepat Abad XXI. Jakarta : Nuansa.

Santi, Dewiki, dan Sri Yuniati. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sastrawan, Medi. 2014. Pengaruh Pembelajaran Genius Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa.PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Setiani. 2014. Penggunaan Strategi Genius Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah 2

Kauman Surakarta”.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya: Jakarta: Rineka Cipta.

. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sucihati, D. 2009. Penerapan Model Genius Learning dengan Strategi Umpan Balik dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Tidak diterbitkan. Skripsi. JEMBER:FKIP Universitas Jember.

Sudjana, Nana. 1989.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

. 2005. Metoda Statistika.

Bandung: Transito.

Satuan Pendidikan (KTSP) dan

a

Bandung : Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Sutanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan

Pembelajaran di SD. Jakarta

:Kencana Prenadamedia Group.

Prawironegoro, Pratinyo. 1985. Evaluasi Belajar Khusus Analisa Soal Untuk Bidang Studi Matematika. Jakarta: P2LPTK.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2008. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.