PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI

Vanesha Vanesha, Media Roza, Ilman Nasution, Jati Rahmadana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang melatih keterampilan berfikir kreatif, karena hanya menggunakan buku cetak tema dan LKS yang didominasi oleh materi dan soal-soal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD/MI yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Pendefenisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM pada tema 9 Kayanya Negeriku sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas yang diperoleh dari aspek bahasa, materi, dan media memperoleh rata-rata validitas sebesar 89,33%, sedangkan hasil praktikalitas dari pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata praktikalitas sebesar 95%, dan hasil uji efektifitas memperoleh rata-rata sebesar 86%. Dapat diambil kesimpulan LKPD berbasis STEM dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Keywords


LKPD, STEM, Kreatif, Abad ke-21

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.5219
Abstract views : 287 times
PDF : 168 times

References


Aldila, C., Abdurrahman, A., & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4).

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Chania, R. (2018). Pengembangan LKPD berbasis praktikum pada pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 4(2), 664675.

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hasibuan, Z., Suryadi, B., Yulianti, K., Guntoro, N. A., Suud, Z., & Khomsiyah, K. (2015). Buletin BSNP: Harmonisasi dan Koordinasi Standar Nasional Pendidikan 2015. Buletin BSNP: Harmonisasi dan Koordinasi Standar Nasional Pendidikan 2015, 10(3).

Lufri, L., Andromeda, A., & Mufit, F. (2022). Science Teachers Perception of Digital Technology-Based Learning in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 281293.

Lestari, A. T. A. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem Pada Sub Tema Indahnya Persatuan Dan Kesatuan Negeriku (Pokok Bahasan Gaya Gravitasi Dan Gaya Gesek) Untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Oktariayani, O., & Remiswal, R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Tarbiyah Al-Awlad, 10(2).

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Pusfarini, P., Abdurrahman, A., & Jalmo, T. (2016). Efektivitas LKPD Sains Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kecakapan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Progresif, 6(1), 6572.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Risa, S., Ahmad, S., & Siregar, N. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGENEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Trianto I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013. Kencana.

Yuliasih, R, & Samad, D. (2020). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MUATAN LOKAL MINANGKABAU DI KELAS IV SD/MI. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(1), 31-44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar