Model Assure dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar

zakiyatunnisa al mubarokah, Putri Hardiyanti, Tomi Enramika

Abstract


Model Assure merupakan salah satu model yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan tujuan agar media yang diterapkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Karakteristik pembelajar bahasa tingkat sekolah dasar dengan rentan usia 7-13 tahun adalah memiliki kecenderungan suka bermain dan bersenang-senang dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya terlebih dahulu memahami dengan baik prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab serta karakteristik pembelajar bahasa Arab. Artikel ini disusun untuk menjelaskan konsep model Assure, Model Assure dalam Media Pembelajaran, dan Penerapan Model Assure dalam pembengembangan media pembelajaran bahasa Arab tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan berbagai sumber yaitu buku, majalah, artikel, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) tahapan dalam model Assure adalah menganalisis pembelajar, menentukan standar dan tujuan, memilih teknologi, media dan materi, menggunakan teknologi, media dan materi, mengharuskan partisipasi pembelajar, dan mengevaluasi dan merevisi. (2) tahapan dalam menggunakan teknologi, media dan materi pelajaran adalah “5p”: (preview) teknologi, media dan materi; menyiapkan (prepare) teknologi, media dan materi; menyiapkan (prepare) lingkungan; menyiapkan (prepare) pembelajar, dan memberikan (provide) pengalaman belajar, (3) Penerapan model Assure dalam pengembangan media pembelajaran bahasa Arab tingkat sekolah dasar dapat dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang harus dilakukan.

Keywords


Model Assure, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Sekolah Dasar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6257
Abstract views : 213 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 474 times

References


Daryanto & Rahardjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Nursyimah. 2017. Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Tingkat Dasar. Lampung: e- journalmetrouniv

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Materi Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat Rosyidi, Abdul Wahad. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang

Press

Smaldino, Sharon E. 2011. Instructional Technology and Media For Learning: tehnologi pembelajaran dan media untuk belajar, Jakarta: Kencana.

Sugiono, P. D. 2014. Metode penelitian pendidikan; pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winataputra,S. Udin,2001, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar