Analisis Kesiapan Mahasiswa Angkatan 2018 Sebagai Calon Pendidik Profesional

Zulvia Trinova, Dwi Nur Umi Rahmawati, Ardiana Syahputri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat perkuliahan micro teaching dilokal MC-1, masih terdapat mahasiswa yang belum menguasai indikator guru profesional yang terdiri dari: 1) memiliki keterampilan mengajar yang baik, 2) memiliki wawasan yang luas, 3) menguasai kurikulum, 4) menguasai media pembelajaran, 5) penguasaan teknologi, 6) menjadi teladan yang baik, 7) memiliki kepribadian yang baik. Hal yang menyebabkan mahasiswa belum menguasai indikator guru profesional adalah kurangnya penguasaan materi di ruang kelas sehingga kendala dalam penyampaian materi pembelajaran, kurangnya percaya diri, kurang tahu bagaimana mengelola kelas dengan baik, kurang kreativitas dalam menggunakan media sehingga terkesan monoton. Tujuan dilakukkan penelitian ini untuk menganalisis kesiapan mahasiswa angkatan 2018 sebagai calon pendidik profesional pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan perencanaan pembelajaran mahasiswa sudah mampu menyiapkan silabus pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan lengkap. Namun dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan komponen keterampilan dasar mengajar yang terdiri dari keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, serta keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil masih belum dapat dilakukan dengan baik dikarenakan rasa tidak enak yang dimana peserta didik adalah teman sesama mahasiswa. Akan tetapi, setelah melaksanakan perkuliahan micro teaching mahasiswa sudah siap dan mampu menjadi calon guru profesional berdasarkan indikator guru profesional.

Keywords


Kesiapan, Pendidik Profesional

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6687
Abstract views : 89 times
PDF : 80 times

References


Alma, B., Mulyadi, H., Razeti, G., & Nurhayati, L. (2010). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: ALFABETA CV.

Asril, Z. (2012). Micro Teaching: Disertai Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al Falah, Vol. XVII No. 32 , 275.

Hangestiningsih, E. (2015 ). Diktat: Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: FKIP UNJ. Kebudayaan, D. P. (2010/2011). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Lestari, M. R. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. Rosding: Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Jakarta , 200.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahertian, P. (1994). Profil Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Yogyakarta : Andi Offset.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sukmawati, R. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetisi Pendidik. Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang , 3.

Suwarno, W. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: AR- Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.