GAMBARAN INTERAKSI SOSIAL DARI HASIL TES EPPS DAN PAPIKOSTIK PADA SELEKSI MAHASISWA BERPRESTASI

Hafnidar Hafnidar

Abstract


Setiap Muslim wajib membina hubungan dengan Allah swt (hablumminallah) dan hubungan dengan sesama manusia (hablumminannas). Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran interaksi sosial ditinjau pada mahasiswa berprestasi ditinjau dari hasil tes Psikologi EPPS dan PAPIKOSTIK. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek 1, IV, dan V cenderung memiliki hubungan sosial yang lemah. Sedangkan Subjek II dan III memiliki hubungan sosial yang baik, namun menonjol dalam aspek Exhibility yang mana jika berlebihan dapat merugikan diri sendiri..


Keywords


Interaksi Sosial, EPPS, PAPIKOSTIK



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v11i2.1233
Abstract views : 632 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1067 times

References


Baron, R. A., & Byrne, D. (1987). Social psychology: Understanding human interaction. Allyn & Bacon.

Chaplin, J.P. 1981. Dictionary of Psychology dalam Kartono Kartini (penyunting) Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gerungan, W.A. 1996. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.

Gillin, Daley (1999). Introduction to Psychology. The McGraw-Hill Companies, Singapore

Hurlock E.B (1998). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan edisi 5. Penerbit Erlangga. Jakarta

Soekanto, S. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Weber, C., Quintus, M., Egloff, B., Luong, G., Riediger, M., & Wrzus, C. (2019). Same old, same old? Age differences in the diversity of daily life. Psychology and aging.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.