Komunikasi Interpersonal Remaja dan Orang Tua Selama Pandemi Covid-19 di Kecamatan Koto Vii Sijunjung

Yulia Yasni

Abstract


Pandemi Covid-19 memicu timbulnya masalah psikologis pada remaja. Dalam pencegahan ini peran orang tua sangat penting terutama dalam hal kuantitas dan kualitas komunikasi interpersonal yang dijalin dengan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal remaja dan orang tua selama masa pandemi covid-19. Subjek penelitian adalah remaja di Kecamatan Koto Vii, Sijunjung, Sumatera Barat yang berjumlah 100 orang remaja yang pernah menjalani pembelajaran daring di rumah, teknik pengambilan sampel memakai purposive random sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik kategori berdasarkan statistik hipotetik, serta menggunakan uji normalitas dengan teknik Kolmogorof Smrinov KS-Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal remaja dan orang tua di Kecamatan Koto Vii berada dalam kategori tinggi dengan jumlah 54 orang responden atau sekitar 54%, serta data telah berdistribusi normal dengan p-value 0.720 dimana p > 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjalin antara remaja dan orang tua di Kecamatan Koto Vii, Sijunjung selama pandemi Covid-19 telah terjalin dengan sangat baik karena tergolong pada kategori tinggi, dimana dari lima aspek yang diteliti, aspek empati mempunyai dampak yang paling dominan.

Keywords


Komunikasi Interpersonal; Remaja; Covid-19



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v12i2.2951
Abstract views : 1027 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1114 times

References


Adhityaputra, V. W., & Saripah, I. (2015). Efektivitas teknik permainan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada remaja. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 290–298. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.181

Adilah, R. Y. (2020). Kemenkes Sebut 62 Persen Anak Alami Kekerasan Verbal Selama Pandemi. Retrieved December 21, 2020, from Merdeka. Com website: https://m.merdeka.com/peristiwa/kemenkes-sebut-62-persen-anak-alami-kekerasan-verbal-selama-pandemi.html?page=1

Afni, R. A. N., Madihah, H., & Susanto, D. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(3), 13–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jmbkn.v3i3.1232

Ananda, S. S. D., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi Covid-19 Dengan Teknik Self Talk. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 248–256. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.29050

Aressa, V., Nirwana, H., & Bentri, A. (2016). Komunikasi interpersonal anak dan orang tua ditinjau dari jenis kelamin, tingkat pendidikan orang tua, dan daerah tempat tinggal serta implikasinya pada bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 139–150. https://doi.org/10.24036/02016536500-0-00

Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Batoebara, M. U., & Hasugian, B. S. (2021). Peran orang tua dalam komunikasi pembelajaran daring. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 15(1), 166–176. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1058

Buzzi, C., Tucci, M., Ciprandi, R., Brambilla, I., Caimmi, S., Ciprandi, G., & Marseglia, G. L. (2020). The psycho-social effects of covid-19 on italian adolescents’ attitudes and behaviors. Italian Journal of Pediatrics, 46(69), 1–17. https://doi.org/10.1186/s13052-020-00833-4

Devito, J. A. (1997). Komunikasi antar manusia Title. Jakarta: Proffesionals Book.

Devito, J. A. (2016). The interpersonal communication book (14th ed.) (14th ed.). London: Pearson Education Limited.

Durado, A. A., Tololiu, T. A., & Pangemanan, D. H. C. (2013). Hubungan dukungan orang tua dengan konsep diri pada remaja di sma negeri 1 manado. Ejournal Keperawatan, 1(1), 1–8.

Evans, S., Mikocka-Walus, A., Klas, A., Olive, L., Sciberras, E., Karantzas, G., & Westrupp, E. M. (2020). From “it has stopped our lives” to “spending more time together has strenghened bonds”: the varied experiences of australian families during covid-19. Frontiers in Psychology, 11, 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.588667

Guessoum, S. B., Lachal, J., Radjack, R., Carretier, E., Minassian, S., Benoit, L., & Moro, M. R. (2020). Adolescent psychiatric disorders during the covid-19 pandemic and lockdown. Psychiatry Research, 291, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113264

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit virus corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129. https://doi.org/https://doi.org/0.36497/jri.v40i2.101

Hartati, A., & Astriningsih, N. (2020). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dengan empati siswa. Jurnal Realita, 5(1), 899–985. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita

Hidayat, R. (2017). Peningkatan aktivitas komunikasi interpersonal dalam organisasi melalui perbaikan efikasi diri, kepemimpinan dan kekohesifan tim. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p161-170

Irianto, A., Aimon, H., Nirwana, H., & Prasetia, A. T. (2018). Komunikasi Interpersonal antara Orang Tua dan Anak Remaja serta Identitas Diri Remaja : Studi di Bina Keluarga Remaja Parupuk Tabing, koto tangah, padang, sumatera barat. Populasi, 26(1), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jp.38686

Kadariah. (2019). Peranan komunikasi antar pribadi orang tua dengan anak dalam meningkatkan prestasi belajar di kelas vi pada sd negeri btn pemda kota makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i1.9094

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Infografis Virus covid-19. Retrieved from https://www.covid19.go.id/

Kresna, A., & Ahyar, J. (2020). Pengaruh physical distancing dan social distancing terhadap kesehatan dalam pendekatan linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14–19. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/%25J.Vol1.Iss4.42

Larasati, K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara komunikasi interpersonal orangtua-remaja dengan keterampilan sosial remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 88–95. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p09

Lestari, F. W. (2015). Kemampuan komunikasi interpersonal remaja. Empati Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 106–124. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/empati.v2i2/%200oktober.2278

Listiani, D., Rosliana, L., & Imawati, D. (2013). Hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan empati pada remaja. Motivasi, 1(1), 112–120. Retrieved from ejurnal.untag-smd.ac.id

Malihah, Z., & Alfiasari. (2018). Perilaku cyberbullying pada remaja dan kaitannya dengan kontrol diri dan komunikasi orang tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 145–156. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada hotel yuta di kota manado. Jurnal Emba, 4(1), 575–584. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11715

Nasor, H. M. (2015). Komunikasi interpersonal orang tua muslim dalam pembinaan akhlak remaja studi di kelurahan way huwi jati agung lampung selatan. Itjimaiyya Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(1), 67–89. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijpmi.v8i1.863

Nurjaya, Affandi, A., Ilham, D., Jasmani, & Sunarsi, D. (2021). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan kemampuan pemanfaatan teknologi terhadap kinerja aparatur desa pada kantor kepala desa di kabupaten gunungkidul yogyakarta. Jenius Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(3), 332–346. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/JJSDM.v4i3.10460

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pajarianto, H., Galugu, N., Sari, P., & Februanti, S. (2020). Study from home in the middle of the covid-19 pandemic: analysis of religiosity, teacher, and parents support against academic stress. Journal of Talent Development and Excellence, 12(2), 1791–1807. Retrieved from http://iratde.com/index.php/jtde

Permatasari, A. N., Inten, D. N., Wiliani, & Widiyanto, K. N. (2021). Keintiman komunikasi keluarga saat social distancing pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 346–359. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577

Putra, N. F. P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam mencegah perilaku seks pranikah di sma negeri 3 samarindah kelas xii. Ejurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 35–53.

Qi, M., Zhou, S. J., Guo, Z. C., Zhang, L. G., Min, H. J., Li, X. M., & Chen, J. X. (2020). The effect of social support on mental health in chinese adolescent during the outbreak of covid-19. Journal of Adolescent Health, 67(4), 514–518. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.07.001

Rahayu, S. L., Kusrini, & Fatta, H. Al. (2016). Rancangan bangun augmented reality pada data menu restoran. Eksplora Informatika, 6(1), 22–32. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/101/84

Ramadhana, M. R. (2018). Keterbukaan diri dalam komunikasi orangtua-anak pada remaja pola asuh orangtua authoritarian. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(2), 197–204. https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11582

Ramadhani, R. (2013). Komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam membentuk perilaku positif anak pada murid sdit cordova samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 1(3), 112–121.

Savitri, R. A., & Rahmahana, R. S. (2009). Kesepian ditinjau dari kualitas komunikasi pada remaja dengan orangtua tunggal. Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 14(1), 71–79. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol14.iss1.art7

Setiawan, H. S. (2018). Analisis dampak pengaruh game mobile terhadap aktifitas pergaulan siswa sdn tanjung barat 07 jakarta. Faktor Exacta, 11(2), 146–157. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i2.2338

Singhal, T. (2020). A review of coronavirus disease-2019 (covid-19). The Indian Journal of Pediatrics, 87(4), 281–286. https://doi.org/10.1007/s12098-020-03263-6

Siregar, N. S., Wasidi, & Sinthia, R. (2017). Hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan perilaku kenakalan remaja. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 26–35. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.26-35

Situmorang, Z. R. D., Hastuti, D., & Herawati, T. (2016). Pengaruh kelekatan dan komunikasi dengan orang tua terhadap karakter remaja perdesaan. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.113

Sukmawati, Harna, Nuzrina, R., Sitoayu, L., & Dewanti, L. P. (2021). Kebiasaan sarapan, kualitas tidur, dan dukungan orangtua terhadap konsentrasi belajar selama pandemi covid 19. Ghidza Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 5(1), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.22487//ghidza.v5i1.164

Trihandayani, D. (2017). Hubungan islamic parenting, dan kualitas pribadi (religiusitas, self control) terhadap empati remaja. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 3(2), 83–90. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/JIPP-37

Tuwu, D. (2020). Kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267–278. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Wewengkang, D. B. P. M. (2016). Studi fenomenologi konteks budaya jawa dan pengaruh islam: situasi psikologis keluarga dalam membangun empati pada remaja. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.3129

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdt.v14i1.318

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Yuniarti, Y. N. (2009). Hubungan persepsi efektivitas komunikasi interpersonal orang tua dan kematangan emosi dengan penyesuian diri pada remaja siswa sman 1 polanharjo . (Skripsi). Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/11005/Hubungan-persepsi-efektivitas-komunikasi-Interpersonal-orang-tua-dan-kematangan-emosi-Dengan-penyesuaian-diri-pada-remaja-siswa-sman-1-Polanharjo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.