Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Pengguna Shopee di Masa Pandemi Covid-19

Wanda Fitri, Jed Sarini Putri, Jed Sarini Putri, Fadhilah Fadhilah, Fadhilah Fadhilah, siska novra elvina, siska novra elvina

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berkembangnya gaya hidup berbelanja online (online shop) di tengah masyarakat terutama kaum muda. Trend belanja online semakin meningkat sejak terjadinya musibah pandemi covid-19 yang mengakibatkan perubahan dalam berbagai sektor kehidupan manusia Indonesia salah satunya adalah gaya hidup dalam berbelanja. Salah satu e-commerceyang sangat digemari  adalah shopee Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif pada mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang yang menggunakan aplikasi shopee,  melihat dampak perilaku konsumtif bagi kehidupan sosial, dan faktor penyebab terjadinya perilaku konsumtif itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Kuesioner juga digunakan di tahap awal untuk menjaring informan dan menggali pertanyaan.  Informan yang diwawancarai dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan hampir semua informan berperilaku konsumtif. Faktor pendorongnya adalah rasa nyaman karena dapat berbelanja secara personal dari rumah, kemudahan dalam bertransaksi, harga murah dan terjangkau, serta  kepuasan diri. Dampak dari perilaku konsumtif adalah munculnya sifatboros, impulsif dalam berbelanja, mencari kesenangan dan pemenuhan kepuasan  diri semata sebagai bentuk dari gaya hidup kekinian.



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4250
Abstract views : 874 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1292 times

References


Adiputra, R. (2012). Gambaran Perilaku Konsumtif Terhadap Sepatu Pada Perempuan Dewasa Awal. Psimam Bonjolernetika, 5(2).

Afrianto, A. P., & Irwansyah. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnl Teknologi Dan Sisteminformasi Bisnis, 3(1), 10–29.

Agustia, R. S. (2011). Gambaran Perilaku Konsumtif Siswa-I SMA Internasional Boarding School Republic Of Indonesia (SMA IIMAM BONJOLS RI).

Badan Pusat Statistik. (2020). Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia provinsi.

Ismail, A. R. N., Noviartati K, Syahril, & Fikri A.R. (2021). Investasi Digital Sebagai Solusi Mengurangi Perilaku Konsumtif Milinial Masa Pandemi Covid-19. CAPITAL:Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 125–136.

Kurniawan C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).

Miananda, A., Roslan S, & Anggraini D. (2018). Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Oleo Kendari. Jurnal Neo Societal, 3(2), 434.

Mustomi, D., Puspitasari, A., & Wijayanti, D. (2020). Analisis Belanja Online Dikalangan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akbar Juara, 5(4), 48–57.

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli Online Melalui Wabsite Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis Dimasa Pandemic Covid-19. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21–34.

Prisillia, B. T. (2020). Hubungan Anatara Harga Diri Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Siswa Siswi SMA 9 Pekanbaru. Skripsi.

Sari, T. Y. (2009). Hubungan Antara Perilaku Konsumtif Dengan Body Image Pada Remaja Putri. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi.

Wardani. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Konseumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.