Dampak Konversi Agama Terhadap Perilaku Sosial

Conchieta Masda Azzahra, Amaranggana Safira, Hanis Fatimah, Sri Rejeki

Abstract


Abstract: Agama merupakan fenomena yang melekat pada diri manusia, sehingga kajian tentang agama juga akan terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan menjadi penelitian yang penting. Agama telah dipelajari oleh banyak ahli, termasuk teolog, psikolog, antropolog, dan sosiolog. Dengan perkembangan studi agama, banyak definisi agama telah dikemukakan oleh para ahli teori agama, tetapi tidak ada konsensus di antara mereka. Menariknya, mereka sepakat bahwa agama memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Isu penting dari pengalaman beragama adalah konversi agama yang merupakan perubahan sikap terhadap ajaran agama atau mengikuti suatu agama baru. Konversi agama memiliki pengaruh yang signifikan pada kehidupan sosial manusia. Melaluinya, manusia dapat melihat kehidupan sosialnya dengan perspektif yang berbeda. Artikel ini akan mencoba melihat bagaimana para ahli memperdebatkan definisi agama dan seberapa agama memiliki daya tarik sosial dalam masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4268
Abstract views : 806 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1502 times

References


Firmansyah, Awan Arif Setiawan. (2020). Proses Konversi Agama. Sosfilokom: Volume XIV nomor 01. Januari-Juni 2020

Fuad, Ahmad. 2017. Studi Islam (Islam Eksklusif dan Inklusif). Jurnal Penelitian. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Hamali, S. (2012). Dampak konversi agama terhadap sikap dan tingkah laku keagamaan individu. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 7(2), 21-40

Hidayat, R., & Putri Sherina, D. (2020). Konversi Agama di Kalangan Etnis Tionghoa: Motivasi, Adaptasi dan Konsekuensi. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1).

Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khasanah, Khadirotul, 2008. Skripsi. Pengaruh Konversi Agama Terhadap Keharmonisan Keluarga. Yogyakarta: UINSUKA,

Machrus Hakim. 2017. Dampak Sosial Konversi Agama ( Studi Perpindahan Agama Dari Islam Menjadi Penghayat Sapta Darma Di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti-Gresik). Skripsi. Prodi Studi Agama-Agama. Universitas Islam Negeri Surabaya.

Moghaddam, F. M. (2005). The Staircase to Terrorism: A Psychological Exploration. American Psychologist, 60(2), 161–169.

Pontoh, Z., & Farid, M. (2015). Hubungan antara religiusitas dan dukungan sosial dengan kebahagiaan pelaku konversi agama. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1). Cholik

Somantri, , G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65

Zakiah Daradjat. 1991. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. XIII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.