Hubungan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Pada Santri Tahfidz Qur’an

Rahmatul Jannah, Yuzarion Yuzarion, Purwadi Purwadi

Abstract


Abstract: Prokastinasi merupakan perilaku menunda kegiatan, sehingga prokastinasi tidak patut untuk dilakukan pada santri, karena akan menghambat ketidaklancaran tugas yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubuungan efikasi diri terhadap prokrastinasi pada santri tahfidz qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dan skala prokrastinasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan santri Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Ma’had Al Mubarok Litahfidzil Qur’an Al Karim Jambi dengan populasi berjumlah 382 santri, dan sampel sebanyak 67 subjek santri. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien antara efikasi diri dengan prokrastinasi adalah 0,256 dengan tingkat signifikansi 0,018 (p<0,05) dan menunjukan terdapat hubungn negatif yang signifikan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi.


Keywords


Efikasi Diri, Prokrastinasi, Santri



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4280
Abstract views : 227 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 271 times

References


Akinsola, M.K., Tella, A., dan Tella, A. (2007). Correlates of academic procrastination and mathematics achievement of university undergraduate student. Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education. 3 (4). 363-367.

Ali, S. (2013). Paradigma pesantren: Memperluas horizon kajian dan aksi. Malang: UIN Maliki Press.

Amin, S. M. (2010). Bimbingan dan konseling Islam. Jakarta: Amzah

Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik peserta didik SMK Islam Ruhama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2, pp. 646-655).

Kiamarsi, A., & Abolghasemi, A. (2014). The relationship of procrastination and self-efficacy with psychological vulnerability in students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 114, 858-862.

Klassen, R. M., Krawchuk, L. L., & Rajani, S. (2008). Academic procrastination of undergraduates: Low self-efficacy to self-regulate predicts higher levels of procrastination. Contemporary Educational Psychology, 33(4), 915-931.

Kusumawati, A. S. (2020). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: Ameta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure . Psychological Bulletin,133(1), 65-94.

Wahyuningsih, P., & Handoyo, A. W. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 39-45.

Wiyarti, h. A., & setyawan, i. (2018). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi menghafal al-qur’an pada santri di pondok pesantren modern islam assalaam surakarta. Empati, 6(4), 33-36.

Zubaidi, (2007). Pendidikan berbasis masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.