Peningkatan Sikap Cinta Tanah Air Remaja Menggunakan Bimbingan Kelompok Media Ular Tangga di Panti Asuhan Aisyiyah

Erna Dewita, Fadil Maiseptian

Abstract


Sikap cinta tanah air ini dapat diwujudkan dalam sikap dan perbuatan sehari-hari dengan mencintai budaya, Bahasa, adat istiadat, dan produk dalam negeri. Tetapi kebanyakan remaja hari ini diduga kurang peduli terhadap sikap cinta tanah air, terutama yang berkaitan dengan sikap melestarikan budaya bangsa. Mereka lebih menyukai budaya negara lain dari pada budaya bangsa sendiri. Tujuan riset ini adalah untuk meningkatkan sikap cinta tanah air remaja melalui bimbingan kelompok dengan media ular tangga di Panti Asuhan Aisyiyah Balai. Metodologi yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sikap cinta tanah air yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan prestest kemudian diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan metode ular tangga, dan di akhirir dengan posttest. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon signed rank test untuk membandingkan skor prestest dan posttest hasil dari tindakan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat meningkatan sikap cinta tanah air remaja sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan media ular tangga.

Keywords


Sikap Cinta Tanah Air, Bimbingan Kelompok, Media Ular Tangga



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v14i1.5043
Abstract views : 275 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 974 times

References


Ahmad, I. (2018). Rencana dan Strategi Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat. Gorontalo Law Review, 1(1), 15–24.

Amalia, S., Rofifah, U., & Zuhri, A. F. (2020). Menampilkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Era 4.0. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 68–75.

Bina, D. S. T. P. I. S. (2019). Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Anak Pada Budaya Lokal. Jurnal Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).

Biroli, A. (2015). Problematika Penegakan Hukum Di Indonesia (Kajian Dengan Perspektif Sosiologi Hukum). DIMENSI-Journal of Sociology, 8(2).

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan (Studi Di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1).

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133.

Ernis, Y. (2018). Implikasi penyuluhan hukum langsung terhadap peningkatan kesadaran hukum masyarakat. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 18(4), 477–496.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167–178.

Fitria, E. (2020). Strategi Penguatan Karakter Nasionalisme Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Cinta Tanah Air. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta Dengan Tema Strategi dan Implementasi Pendidiakan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0.

Fitria, N. (2015). Bimbingan Kelompok Berbasis Tata Nilai Budaya Lampung untuk Meningkatkan Tingkah Laku Prososial Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Gayatri, A. M., & Ningtyas, S. I. (2017). Peningkatan Minat Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Permainan Ular Tangga Pada Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi penelitian peserta didik Kelas X di lokasidi Jakarta Timur, Tangerang Selatan, dan Depok). Research and Development Journal of Education, 4(1).

Habibi, R. K., & Kusdarini, E. (2020). Kearifan lokal masyarakat dalam melestarikan tradisi pernikahan pepadun di Lampung Utara. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 60–69.

Hafnidar, H., Karina, M., & Hadiah, C. M. (2021). Pengembangan Alat Ukur Sikap Nasionalisme pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 43–51.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 4(1), 38–49.

Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-nilai cinta tanah air dalam perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 108–114.

Irianto, H. A. (2016). Statistik Konsep Dasar. Prenada Media.

Iskandar, J. (2017). Etnobiologi dan keragaman budaya di indonesia. Umbara, 1(1).

Khatimah, A. H. (2021). Telaah Sikap Berbahasa Remaja Kolaka Terhadap Budaya K-Pop Pada Aplikasi Telegram.

Khoiriyati, L. (2017). Study Komparatif Sikap Cinta Tanah Air Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Di MAN 2 Gresik. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 5(01).

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165.

Mahpudz, A., Palimbong, A., & Lande, A. (2020). Menguatkan Nilai Toleransi Mahasiswa Untuk Meneguhkan Jati Diri Sebagai Warga Negara Di Era Global. Journal of Civics and Moral Studies, 5(2), 96–105.

Maiseptian, F., Dewita, E., & Rosdialena, R. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Remaja. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(1), 102–117.

Mubtadi’in, M. H., & Solekhah, I. (t.t.). Pengembangan Media Ular Tangga Bercerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X.

Mumin, U. A. (2018). Pendidikan toleransi perspektif pendidikan agama Islam (telaah muatan pendekatan pembelajaran di sekolah). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 1(2), 15–26.

Murisal, M., Dewita, E., Maiseptian, F., & Oktafia, S. D. K. (2022). Efikasi Diri dan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XII SMAN 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1112–1119.

Murtiwidayanti, S. Y. (2018). Sikap dan kepedulian remaja dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(1), 47–60.

Muttaqin, F. A., & Saputra, W. (2019). Budaya Hukum Malu Sebagai Nilai Vital Terwujudnya Kesadaran Hukum Masyarakat. Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 1(2), 187–207.

Nasution, K. (2019). Dasar Wajib Mematuhi Undang-Undang Perkawinan (UUP): Studi Pemikiran Muhammad ‘Abduh. ADHKI: Journal of Islamic Family Law, 1(1), 1–16.

Natsir, A. F. A., & Jufri, J. (2022). Kerja Sama Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembinaan Anak. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 19(1), 39–48.

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Missio, 11(1), 91–106.

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 237–258.

Puspitasari, A. (2017). Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Tamaddun, 16(2), 81–87.

Putri, S. A., & Ramli, M. (2016). Pengembangan Media Permainan Simulasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 40–46.

Rahayu, S. K. (2021). Penguatan Kesadaran Bela Negara Pada Remaja Milenial Menuju Indonesia Emas. Pedagogika, 12(2), 134–151.

Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2016). Penanaman Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Ratri, E. P., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Pancasila Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 25–33.

Riduwan, R. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Rohmawati, E. (2020). Penanaman Nilai-nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo Di Mi Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo [PhD Thesis]. IAIN Ponorogo.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sukarno, S. (2021). Hakikat Bahasa, Nasionalisme, Dan Jatidiri Bangsa Dalam Kebijakan Pendidikan Bahasa. Edukasi, 19(1), 8–20.

Takdir, M. (2018). Potret Kerukunan Berbasis Kearifan Lokal: Implementasi Nilai-Nilai Harmoni Dalam Ungkapan “Rampak Naong Bringen Korong” Dalam Kehidupan Masyarakat Madura. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 16(1), 73–102.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1–15.

Wahyudi, I., & Rohyati, E. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Melanggar Peraturan pada Santri Pondok Pesantren X di Kabupaten Sleman. Jurnal Psikologi, 15(1), 27–33.

Yusuf, A. M. (2007). Metodologi Penelitian. UNP Press.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Zuwirda, Z., Maiseptian, F., Nasrul, D. F., & Dewita, E. (2022). Pelatihan Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Kesadaran Remaja Terhadap Bahaya Narkoba. Menara Pengabdian, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.