Bimbingan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kesadaran Berpuasa Pada Anak Di Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara

Olianda Adistiana

Abstract


Bimbingan orang tua merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan anak khususnya dalam membentuk kesadaran melaksanakan kegiatan keagamaan terutama ibadah puasa. Hal ini karena keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama bagi anak. Anak yang berada dalam posisi tingkat Sekolah Dasar (7-12 tahun) memiliki pengalaman agama yang dikatakan bebas, bisa bergaul dengan teman dari berbagai macam latar belakang agama, belum bisa membedakan sesuatu yang baik maupun tidak baik, bahkan anak-anak mendapatkan pelajaran agama lebih sedikit dari pelajaran umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang bimbingan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran berpuasa pada anak di kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran berpuasa pada anak dilakukan dengan dua tahap, yaitu yang pertama memperkenalkan puasa kepada anak dan yang kedua membiasakan anak dalam berpuasa. Dalam memperkenalkan puasa kepada anak orang tua memberikan penjelasan tentang makna puasa, memberikan contoh teladan yang baik dan memberikan media berupa tontonan film anak-anak yang berhubungan dengan puasa. Dalam tahap membiasakan puasa pada anak, orang tua menerapkan puasa secara bertahap dengan puasa beberapa jam, atau puasa setengah hari sesuai kemampuan anak tersebut.

Keywords


pendidikan keluarga, bimbingan orang tua, kesadaran berpuasa



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v14i2.6475
Abstract views : 100 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 129 times

References


Aditiya, A. (2022). Menulis Buku, Alternatif Bagi Guru. CV Jejak.

Agustia, N. R., Batubara, F. A., & Novianti, R. (2023). Meningkatkan Kesadaran Beribadah Sholat Pada Anak Melalui Bimbingan Orang Tua. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Asyukur, T. A., Haddar, G. Al, Istiqamah, Fahmi, A. I., & Haridah. (2023). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. PT Global Eksekutif Teknologi.

Hayati. (2016). Metode Melatih Anak Berpuasa Bagi Pemula. Serambi Tarbawi, 5(1), 23–34.

Hidayatullah, M. F. (2018). Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah. Tarbiyatuna, 2(1), 58–74.

Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini Dan Dimensi-Dimensinya. Prenadamedia Group.

Nurhayati, & Sinaga, A. I. (2018). Fiqih dan Ushul Fiqih. Prenadamedia Group.

Rizky, R. N., & Moulita. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Islam Melalui Komunikasi Interpersonal Orang Tua Pada Anak. Jurnal Interaksi, 1(2), 206–219.

Sari, I., & Zuliana, E. (2022). Bimbingan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kesadaran Beragama Remaja Di Desa Kramat Gajah Kecamatan Galang. Tajribiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–6.

Sutisna, U. (2019). Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Tentang Pengalaman Agama. JIP STKIP Kusuma Negara Jakarta, 10(2), 86–105.

Syamsuddin, E., & Alim, A. S. (2022). Panduan Praktis Ibadah Puasa. Penerbit Elmarkazi.

Warsah, I. (2020). Pendidikan Islam dalam Keluarga: Studi Psikologis dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali. Tunas Gemilang Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.