Pengaruh Cyberbulling Terhadap Harga Diri Pada Dewasa Awal Korban Cyberbulling di Twitter

Rafli Pribadi

Abstract


Cyberbullying adalah perilaku seseorang atau suatu kelompok secara berulang kali dalam jangka waktu tertentu yang sengaja mengintimidasi, menghina, dan mengancam orang lain yang dilakukan pelaku secara tidak langsung melalui penggunaan internet, komputer, ponsel, atau perangkat digital lainnya dalam kasus penelitian ini dilakukan melalui Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh cyberbullying terhadap harga diri pada dewasa awal korban cyberbullying di Twitter. Sampel penilitian ini terdiri dari 145 responden yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan teknik regresi sederahana dan diperoleh nilai regresi dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01). Hal ini menandakan cyberbullying memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap harga diri. Didapatkan pula dalam penelitian ini bahwa cyberbullying mempengaruhi harga diri sebesar 22,7% dan 77,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor luar.

Keywords


Cyberbullying, Dewasa Awal,Harga diri , Korban, Twitter



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v14i2.6829
Abstract views : 131 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 222 times

References


Chairani, I. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Gender Di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, p. 39. doi:10.14203/jki.v0i0.571.

Charalampous, K. et al. (2018). The effect of parental style on bullying and cyber bullying behaviors and the mediating role of peer attachment relationships: A longitudinal study. Journal of Adolescence, 64(February), pp. 109–123. doi:10.1016/j.adolescence.2018.02.003.

Irfan; Nurhasanah; Azhar. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. Pendidikan Sosiologi, 4, pp. 78–86.

Katz, I. et al. (2019). When parents are inconsistent : Parenting style and adolescents ’ involvement in cyberbullying. Journal of Adolescence, 74(January), pp. 1–12. doi:10.1016/j.adolescence.2019.04.006.

Martín-Albo, J. et al. (2007). The Rosenberg self-esteem scale: Translation and validation in university students. Spanish Journal of Psychology, 10(2), pp. 458–467. doi:10.1017/S1138741600006727.

Patchin, J.W. & Hinduja, S. (2015). Aggression and Violent Behavior Measuring cyberbullying : Implications for research. Aggression and Violent Behavior [Preprint]. doi:10.1016/j.avb.2015.05.013.

Putri, L.H. (2021). Perilaku Narsisme dan Harga Diri Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa SMA. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), pp. 49–73. doi:10.26877/empati.v8i1.7806.

Slaninova, G. et al. (2011). Social and Relationship between cyberbullying and readiness for aggressive behavior in middle adolescence. 00(2010), pp. 567–573. doi:10.1016/j.sbspro.2011.11.277.

Srisayekti, W. & Setiady, D.A. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), p. 141. doi:10.22146/jpsi.7169.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. ke-1. Edited by A. Nuryanto. Bandung: ALFABETA.

Zurcher, J.D., Holmgren, H.G. & Coyne, S.M. (2018). Parenting and Cyberbullying Across Adolescence 1 2 3. 21(5), pp. 294–303. doi:10.1089/cyber.2017.0586.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.