Efektivitas Dzikir untuk Menurunkan Stress Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Suku Melayu di Pontianak

Ema zati baroroh, Syarifah Fathiyyah Azzahrah

Abstract


Idealnya masyarakat suku Melayu menjalankan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup pendidikan, sosial, dan sebagainya. Pemuda Melayu yang mengenyam pendidikan hingga menjadi mahasiswa juga berperan penting dalam mewujudkan hal tersebut. Umumnya mahasiswa ketika telah mencapai tingkat akhir kerap kali merasakan stres yang disebabkan tuntutan penyelesaian tugas dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intervensi dzikir ini sendiri, setelah dilakukan intervensi dzikir yang diberikan kepada mahasiswa melayu. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling kepada mahasiswa melayu di IAIN Pontianak. Adapun kriteria khusus dalam menentukan subjek yaitu mahasiswa yang berumur 20 sampai dengan 23 tahun, berjenis kelamin perempuan, mahasiswa yang sedang menempuh perkulihan S1, sedang mengerjakan skripsi dan mengalami stress akademik. Subjek pada penelitian ini berjumlah 3 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Stress Akademik Mahasiswa Akhir dengan nilai α 0.687. Analisa data mengunakan metode paired sample of t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan tingkat signifikansi sebesar 0,025 (p<0,05), sehingga hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat stress akdemik sebelum dan sesudah intervensi. Hasil, temuan, keterbatasan dan rekomendasi akan dibahas pada penelitian ini.

Keywords


Sress akademik, Skripsi, Dzikir, Eksperimen

References


Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Asrun, M., Aspin, & Silondae, D. P. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Psikologi Yang Menyusun Skripsi Di Universitas Halu Oleo Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Sublimapsi, 1(1), 44–50. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i1.10732

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Batubara, S. M. (2017). Kearifan Lokal Dalam Budaya Daerah Kalimantan Barat (Etnis Melayu dan Dayak). Jurnal Penelitian IPTEKS, 92–93. Retrieved from SM Batubara - Jurnal Penelitian IPTEKS, 2017 - jurnal.unmuhjember.ac.id

Clark, T., Foster, L., Sloan, L., & Bryman, A. (2021). Bryman’s social research methods. United Kingdom: Oxford University Press.

Dwi Kumala, O., Rusdi, A., & Rumiani, R. (2019). Terapi Dzikir Untuk Meningkatkan Ketenangan Hati Pada Pengguna Napza. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 11(1), 43–54. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol11.iss1.art4

Elmansyah, & Patmawati. (2019). Eksistensi Tasawuf Di Kalimantan Barat: Kajian Terhadap Perkembangan Tarekat. Handep: Jurnal Sejarah Dan Budaya, 3(1), 75–100. https://doi.org/10.33652/handep.v3i1.56

Faisal, M. (2020). Susur Galur Tarekat Naqsabandiyah Di Kepulauan Riau Berdasarkan Kitab Kaifiyah Al-Dzikir ‘Ala Tha-Rīqah an-Naqsabandiyah Al-Mujaddidiyah Al-Ahmadiyah. Perada, 3(1), 11–27. https://doi.org/10.35961/perada.v3i1.65

Fitriyah, L. (2019). Efektifitas Dzikir Dalam Menurunkan Stres Pada Mahasiswa Akhir. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Fakultas Psikologi Dan Kesehatan. Program Studi Psikologi.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73–114. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Ismunandar, I. (2023). Tari Multi Etnis Kota Pontianak , Sejarah , Fungsi , dan Perkembangannya. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 429–436.

Jannati, Z., Rusli, R., & Mardiah, A. (2021). Konsep Islam Melayu dan Islam Nusantara. Dakwah Dan Kemasyarakatan, 22(2), 16–35.

Kameswari, K., Ghozali, I., & Silaban, C. Y. (2020). Sentebang Kecamatan Jawai. Urnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(7).

Kamila, A. (2020). Psikoterapi Dzikir Dalam Menangani Kecemasan. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.30762/happiness.v4i1.363

Kumala, O. D., Kusprayogi, Y., & Nashori, F. (2017). Efektivitas Pelatihan Dzikir dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa pada Lansia Penderita Hipertensi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1260

Kurniawati, W., & Setyaningsih, R. (2018). Manajemen Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi. An-Nur : Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 8(2), 326–338. Retrieved from https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Leavy, P. (2017). Research Design : Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. London: The Guilford Press.

Lismanda, D., Basit, A., & Beni, H. (2021). ( Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Bimbingan Konseling Islam.

Muhsinin, M. (2019). Melayu dan Islam dalam Perspektif Sejarah. Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama, 5(2), 1–15. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah/article/view/4278

Munjirin, A. (2020). Ahmad Munjirin 160303003. (Skripsi) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI).

Noor, M. (2021). Novelty/Kebaruan Dalam Karya Tulis Ilmiah Skripsi/Tesis/Disertasi. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 18(1), 14. https://doi.org/10.56444/mia.v18i1.2164

Oktaviani, M., & Cahyawulan, W. (2022). Hubungan antara Self Compassion dengan Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Insight : Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 141–149. https://doi.org/10.21009/insight.102.06

Payadnya, A. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisi Statistik dengan SPSS. Sleman: Deepublish.

Quthb. (2003). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Jilid 7. Jakarta: Gema Insani.

Rajianti, N., & Merdekasari, A. (2019). Pelatihan Dzikir untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa. PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi), 3(1), 57–62.

Ramadhan, Y. A., & Saputri, A. K. H. (2019). Pelatihan Relakasi Dzikir Untuk Menurunkan Stres Santri Rumah Tahfidz “ Z .” Motiva : Jurnal Psikologi, 2(1), 8–16.

Rohmaniah, I., & Annatagia, L. (2019). Pelatihan Zikir untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif pada Remaja yang Orang Tuanya Bercerai. Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 25–41.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2005). Psikologi Eksperimen (Cetakan 4). Jakarta: PT. Indeks.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Susylowati, R., Hafifah, V. N., & Rahman, H. F. (2022). Gambaran Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi (Studi Kasus Pada Salah Satu Mahasiswa Program Studi Keperawatan). Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(November), 1331–1338.

Tarigan, T. P. E., & Sitepu, E. (2020). Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Tekanan pada Masa Akhir Studi. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.36

Tindarika, R., & Ramadhan, I. (2021). Kesenian Hadrah Sebagai Warisan Budaya Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 907. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.907-926.2021

Yusriadi. (2018). Di Kalimantan Barat Identity of Dayak and Melayu. Handep, 1(2), 1–16. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/331237584_IDENTITAS_DAYAK_DAN_MELAYU_DI_KALIMANTAN_BARAT/link/5c6e017c299bf1e3a5b8d011/download




DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v15i1.6986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Kampus 3, Sungai Bangek, Balai Gadang,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.