Peningkatan Perkembangan Komunikasi Pada Anak Down Syndrome Melalui Terapi Murottal

Indah Andika Octavia, Puti Lenggogeni

Abstract


Salah satu kemampuan utama dalam tumbuh kembang anak adalah kemampuan komunikasi. Kesulitan berkomunikasi juga dialami oleh anak down syndrome. Mayoritas komunikasi yang dilakukan oleh anak down syndrome ialah cenderung menggunakan kata yang kurang dapat dipahami oleh orang lain disebabkan pengucapan vokal yang kurang jelas atau kesalahan penggunaan kata sehingga orang lain kurang dapat memahami isi pembicaraan. Salah satu upaya yang dapat diberikan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak down syndrome adalah terapi murottal Al-Qur’an. Terapi murottal dapat diberikan pada anak penyandang down syndrome sebagai upaya untuk menunjang perkembangan komunikasi mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji efektivitas terapi murottal dalam meningkatkan perkembangan komunikasi pada anak down syndrome. Adapun variabel sekunder dalam penelitian ini yang akan dikontrol berupa IQ subjek, kebisingan, dan suasana sosial selama penelitian. Teknik analisis penelitian yang dilakukan menggunakan uji statistik non-parametrik. Hasil analisis kuantitatif menggunakan uji Independent Mann Whitney U yang menunjukkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,513. Nilai tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pemberian perlakuan berupa terapi murottal dan terapi musik terhadap peningkatan kemampuan komunikasi pada anak down syndrome. Namun, dari hasil analisis secara kualitatif semua subjek terlihat mengalami peningkatan bahasa baik secara ekspresif/verbal maupun reseptif/nonverbal dan terapi ini mampu memberikan peningkatan bahasa pada subjek.

Keywords


down syndrome, terapi murottal, perkembangan komunikasi.



DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v15i1.7179
Abstract views : 79 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 66 times

References


Alwi, I. (2015). Kriteria empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Anah, M. N. (2016). Pengaruh Terapi Murottal terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Bantul Yogyakarta. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Arnianti. (2019). Teori Perkembangan Bahasa. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 1, No. 1.

Aulia, N.A., Wignjosoebroto, S., Sudiarno, A. (2010) Aplikasi Ergonomi Mengenai Evaluasi Terapi Musik bagi Perkembangan Kognitif Anak Autis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, 1-10.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chamidah, A. N. (2017). Intervensi Dini Gangguan Perkembangan Komunikasi pada Anak Down Syndrome. Dinamika Penelitian, Vol. 22, No. 01.

Chan, A.S., Ho, Y., & Cheung, M. (1998). Music training improves verbal memory. Nature, 396: 128.

Faradisi, F. (2012). Efektivitas Terapi Murotal dan Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Pra Operasi Di Pekalongan. Jurnal Ilmiah kesehatan Vol. V (2) September 2012.

Farida, V. N. (2015). Terapi Murottal (Al-qur’an) Mampu Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Laparatomi. Jurnal Keperawatan, 6(1), 63-70. -

Fitriyani, Y. (2016). “Meminimalisir Perilaku Hiperaktif Impulsif Anak Autis Melalui Intervensi Program Audio Murottal”. Tesis Magister. Surabaya: UNESA.

Gunarhadi, G. (2018). Membangun karakter bangsa melalui pendidikan inklusif di sekolah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 79-85.

Gusmiran. (2005). Ruqyah Terapi Religi Sesuai Sunnah Rasulullah SAW. Jakarta: Pustaka Marwa.

Hady, N.A., Wahyuni., & Purwaningsih, W. (2012). Perbedaan efektifitas terapi musik klasik dan terapi musik murrotal terhadap perkembangan kognitif anak autis di slb autis kota Surakarta. Jurnal STIKES Aisyiyah, Vol. 9, No. 2.

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ilyasa, M. D. J., & Madjid, A. (2021). Evaluasi Program Terapi Al-Quran Melalui Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 135-154.

Kumin. (2008). Helping Children with Down Syndrome Communicate Better. USA: Woodbine House.

Maghfiroh, A. (2022). Gangguan Berbahasa Penyebab Ketidakjelasan Tuturan pada Anak Penderita Down Syndrome dalam Mengucapkan Kosakata: Studi Kasus di SLB N Semarang (Tinjauan Psikolinguistik). Jurnal Skripsi Mahasiswa.

Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (edisi ke-5; DSM-5 ; American Psychiatric Association [APA], 2013)

Mayrani, E. D., & Hartati, E. (2013). Intervensi Terapi Audio dengan Murottal Surah Ar-Rahman terhadap Perilaku Anak Autis. Jurnal Keperawatan Soedirman, Vol, 8, No. 2.

Mukhlis, H., & Marini. (2020). Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Denyut Nadi Dan Pernafasan Pada Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah. Journal Of Community Enganggement, 1(1), 29-37. https://doi.org/10.47679/ib.202015

Periantalo, J. (2019). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pramesemara, I. G. N., Pramitaresthi, I. G. A., & Yanti, N. P. E. D. (2012). Efektifitas Terapi Musik Klasik (Mozart) Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak Penderita Autisme di SLB/A Negeri Denpasar. Jurnal Nasional: Keperawatan Universitas Udayana. Diunduh pada, 21.

Putri, R. N. I., & Istiyanto, S. B. (2019). Penerapan Komunikasi Terapeutik pada Anak Down Syndrome Melalui Pelayanan Terapi Wicara di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Jurnal Dakwah Risalah, Vol. 30, No. 1.

Raffi, I., Indriati, G., & Utami, S. (2018). Efektifitas Pemberian Terapi Okupasi Dalammeningkatkankemandirian Makan Pada Anak Usia Sekolah Dengan Down Syndrome. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 5(1), 1-11.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak: Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Seniati, L., Yulianto, A., Setiadi, B. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Indeks

Setiyawan, W. (2021). Kebijakan Perlindungan Hukum Korban Perkosaan Penderita Disabilitas (Down Syndrome) Dalam Pemenuhan Keadilan Dan Kepastian Hukum (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia)).

Silvia, Moniqe, R. (2017). Efektivitas Terapi Musik Klasik dan Murottal Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Autis di Sekolah Khusus Autis Garegeh Bukittinggi Tahun 2016. Journal of Engineering and Health Sciences, 1-14.

SR, N., & Kamaruddin, M. (2019). Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinan Di Rumah Sakit Siti Khadijah Iii Makassar. Jurnal Medika Alkhairat, 1(2), 65-69. -

Sumarlam, Purnanto, D., & Pamungkas, S. (2014). Karakteristik Bahasa Anak-anak Down Syndrome di Kampung Down Syndrome Kabupaten Ponorogo (Suatu Tinjauan Psikolinguistik). International Seminar “Language Maintenance And Shift” IV.

Sumartini, N. P. (2020). Terapi musik klasik memiliki pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Mataram. Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 5(2), 123-129.

Suwanto, Basri, A. H., & Umalekhoa, M. (2016). Efektivitas Terapi Musik Klasik dan Terapi Murottal untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pasien Pra Operasi. Journals of Ners Community, Vol. 07, No. 02.

Taiyeb, H. (2016). Kemampuan motorik halus melalui teknik finger painting anak down syndrome. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2).

Yaqub, I. (2016). “Meminimalisir Perilaku Hiperaktif Impulsif Anak Autis Melalui Intervensi Program Audio Murottal”. Tesis Magister. Surabaya: UNESA.

Yunus, S. I., Sitanaya, R., & Septa, B. (2019). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Instrumental Dan Terapi Murotal Al’quran Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Perawatan Gigi. Media Kesehatan Gigi, 18(1), 9-15. https://Doi.Org/10.32382/Mkg.V18i1.969

Zechmeister, E.; Jeanne, Z. (2011). Research Methods in Psychology; Mc Graw Hill: New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.